RPP 3 Versi Lengkap Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 Semester Genap

Menyusun perangkat pembelajaran dalam hal ini Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang disingkat RPP, sebenarnya memaksa guru untuk tidak hanya menjadi pendidik dan pengajar melainkan guru juga dituntut untuk menjadi administrator pendidikan. 

mungkin kedengarannya aneh ketika guru disebut sebagai administrator pendidikan. Tetapi ketika meilihat pekerjaan guru yang menuntut administrasi yang lengkap maka sesungguhnya guru juga adalah administrator pendidikan.

Karakteristik Kurikulum Tiga Belas (K13) memang menuntut demikian. Kurikulum Tiga Belas (K13) telah membuta guru sibuk mengurus administrasi ketimbang mendalami materi yang menjadi bidang kompetensinya. 

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Secara konseptual Kurikulum Tiga Belas (K13) memiliki keunggulan dalam prakteknya guru lebih sibuk mengurus administrasi pembelajaran dari pada penguatan materi ajar. Itulah sebabnya Kurikulum Tiga Belas (K13) bakal diubah ke kurikulum Merdeka Belajar versi Kemendikbudristek, Nadiem Makarim.

Menariknya Nadiem Makarim tidak memaksakan sekolah untuk langsung memberlakukan Kurikulum Merdeka Belajar. Belia memberikan tiga opsi kepada sekolah atau satuan pendidikan untuk memilih Kurikulum Tiga Belas (K13), Kurikulum Darurat (masa pandemi) dan Kurikulum Merdeka Belajar. Pokoknya tergantung kesiapan bapak dan ibu guru di setiap satuan pendidikan.

Tentu saja masih begitu banyak sekolah yang memilih Kurikulum Tiga Belas (K13) karena sudah merasa nyaman dengan keadaan yang ada, atau karena belum mendalami betul konsep Kurikulum Merdeka Belajar. 

Nah, pada kesempatan ini kami masih ingin membagikan salah satu administrasi pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Kurikulum Tiga Belas (K13). RPP yang dibagikan ini merupakan RRP yang ketiga (RPP 3) mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas 7 semester genap.

RPP 3 ini berkaitan dengan Kompetensi Dasar yang ke Delapan (KD 8) yakni memahami nilai-nilai kerajaan Allah demi pengembangan hidup bersama. Ada empat materi pokok yang termuat dalam KD 8 ini, yakni pertama Kebebasan Anak-anak Allah; kedua, Sabda Bahagia; ketiga, Kasih yang Tidak membedakan; dan keempat, Membangun Diri Seturut Teladan Yesus.

Alokasi waktu pembelajarannya adalah empat kali pertemuan pembelajaran, dengan masing-masing pertemuan 120 menit (3 x 40 menit). Dengan demikian empat kali pertemuan sama nilainya dengan 12 x 40 menit. Alokasi waktu pertemuan ini bisa diatur sendiri oleh bapak dan ibu guru sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kami bagikan ini tentu saja memiliki kekurangannya. Namun hal itu tergantung bapak dan ibu guru menilainya. Sekiranya bapak dan ibu guru ingin menyederhankan RPP yang dibagikan ini, silakan mengeditnya kembali dengan menghapus komponen yang tidak diperlukan, pasalnya RPP yang kami bagikan ini merupakan RPP versi lengkap dari kurikulum Tiga Belas (K13).

Untuk melihat Rencana Pelaksanaan (RPP) selengakapnya silakan bapak dan ibu guru DOWNLOAD DI SINI

Demikian RPP ini disusun untuk membantu bapak dan ibu guru agama katolik dalam melengkapi administrasi pembelajarannya. Akhirnya terima kasih untuk semua dukungan dari bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran agama katolik di mana pun berada. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP 3 Versi Lengkap Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 Semester Genap"

Posting Komentar