Mengenal Makna Doa dan Macam-macam Doa (RPP 6 Agama Katolik kelas 2 SD Semester Genap)

Mengenal Makna doa dan macam-macam doa merupakan bunyi  kompetensi dasar yang keenam. Kompetensi dasar ini memuat empat pokok materi, yakni pertama, Berdoa kepada Allah; kedua, Doa pujian; ketiga, Doa Syukur; dan keempat, Doa Permohonan.

Keempat materi pokok ini diramu sedemikian rupa hingga menjadi satu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Setiap materi pokok mewakili satu RPP. Dengan demikian untuk kompetensi dasar keenam ini memuat empat RPP.

RPP pertama dengan materi pokok Berdoa kepada Allah, alokasi waktunya satu kali pertemuan tatap muka. RPP kedua dengan materi pokok Doa Pujian kepada Allah, alokasi waktunya adalah satu kali pertemuan tatap muka, RPP ketiga dengan materi pokok Doa Syukur, alokasi waktunya dua kali pertemuan tatap muka. Dan RPP keempat dengan materi pokok Doa Permohonan, alokasi waktunya dua kali pertemuan tatap muka.

Satu jam pelajaran untuk tingkat sekolah dasar adalah Tiga Puluh Lima menit. Satu kali pertemuan tatap muka senilai empat kali tiga puluh lima menit (4 X 35 menit). Kalau dua kali pertemuan tatap muka senilai delapan kali tiga puluh lima menit (8 X35 menit).

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibagikan (RPP) ini merupakan rencana pembelajaran versi lengkap Kurikulum Tiga Belas (K13) yang di dalamnya memuat beberapa komponen yakni kompetensi inti, indicator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode dan pendekatan, alat dan bahan, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian.

Jika mengacu pada RPP yang dsederhanakan maka komponen-komponen di atas diringkas menjadi hanya tiga komponen, yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian.

Dengan demikian RPP versi lengkap yang dibagikan ini bisa disederhanakan dengan menghapus komponen lain yang tidak diperlukan.

Kemendikbudristek memang telah memberikan tiga alternatif kurikulum kepada setiap satuan pendidikan di seluruh Indonesia. 

Tiga alternatif kurikulum dimaksud antara lain Kurikulum Tiga Belas (K13), Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Merdeka. Setiap sekolah diberikan kebebasan untuk menentukan kurikulum yang ingin diterapkan.

Dari tiga pilihan ini, hemat saya masih banyak sekolah yang menerapkan Kurikulum Tiga Belas (K13) dari pada kurukulum Darurat dan Kurikulum Merdeka. Inilah yang menadi alasan utama mengapa di blog ini masih membagikan perangkat pembelajaran K13.

Seiring berjalannya waktu, akan dibagikan juga model-model perangkat Pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka. Untuk saat ini kami hanya berfokus pada perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tiga Belas (K13).

Untuk RPP selengkapnya silakan bapak dan ibu guru melihat dan mendownloadnya dengan mengklik tautan di bawah ini:

RPP 6 A Berdoa Kepada Allah

RPP 6 B Doa Pujian

RPP 6 C Doa Syukur

RPP 6 D Doa Permohonan

Demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkaitan dengan kompetnsi dasar tentang Mengenal Makna Iman Kristiani sebagai Anugerah Allah. RPP ini disusun dan dibagikan untuk bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas dua tingkat Sekolah Dasar. 

Kami berharap RPP yang dibagikan ini bisa membantu bapak dan ibu guru dalam melengkapi administrasi pembelajarannya. Jika menemukan kejanggalan dari RPP yang dibagikan ini, silakan menyampaiakannya pada kolom komentar. Segala usul dan saran dari bapak dan ibu guru akan sangat kami hargai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mengenal Makna Doa dan Macam-macam Doa (RPP 6 Agama Katolik kelas 2 SD Semester Genap)"

Posting Komentar