Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Agama Katolik Kelas 1 SD Semester Genap

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan dibagikan pada kesempatan ini merupakan RPP untuk kompetensi dasar tentang mengenal doa-doa harian sebagai ungkapan iman kepada Allah.

Kompetensi dasar ini memuat lima materi pokok yakni pertama, Doa Harian Umat Katolik; kedua,  Doa Tanda Salib; ketiga, Doa Bapa Kami; keempat, Doa Salam Maria; kelima, Doa Kemuliaan.

Kelima materi pokok ini akan dibagi ke dalam lima bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Lima RPP ini memuat satu kompetensi dasar sebagaimana disampaikan di atas. Setiap RPP dibuat untuk satu kali pertemuan tatap muka dengan alokasi waktu empat kali tiga puluh lima menit. 

Foto oleh Marcelo Chagas dari Pexels

RPP ini merupakan kelanjutan darin urutan RPP sebelumnya yakni RPP 6. Dengan demikian RPP yang dibagikan ini mencakup RPP 7, RPP 8, RPP 9, RPP 10 dan RPP 11.

Pertimbangan utama sehingga dibuat masing-masing RPP untuk setiap materi pokok adalah karena cakupan materinya yang luas yang membatuhkan waktu khusus untuk mempelajari dan memahaminya.

RPP yang dibagikan ini merupakan salah satu contoh RPP versi lengkap untuk model pembelajaran tatap muka langsung di dalam kelas. Dengan demikian, RPP ini diperuntukan bagi bapak dan ibu guru yang pada satuan pendidikan yang telah memberlakukan pembelajaran tatap muka di dalam kelas.

Mungkin bapak dan ibu guru bertanya-tanya mengapa tidak menyusun RPP dalam bentuk yang disederhanakan? Jawabannya adalah setiap sekolah tentu mempunyai kebijakannya masing-masing. 

Ada sekolah yang masih memakai RPP versi lengkap dan ada juga sekolah yang menggunakan model RPP yang disederhanakan.

Namun perlu diingat bahwa RPP versi lengkap ini bisa disederhanakan. Caranya mudah, yakni dengan menghapus saja komponen yang tidak diperlukan dan hanya menyisakan tiga komponen utama. Tiga komponen iutama itu antara lain tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. 

Banyak guru yang terjebak dalam konsep RPP satu halaman. Padahal RPP satu lembar ini adalah RPP yang disederhanakan. Prinsip dasarnya bukan pada kata satu lembar melainkan pada kata disederhanakan. 

Jadi RPP yang dibagikan ini merupakan RPP versi lengkap yang mudah disederhanakan. Untuk melihat dan mendownload RPP selngkapnya berkaitan dengan lima materi pokok yang disebutkan di atas, silakan klik file berikut ini:

RPP 7 tentang Doa Harian Umat Katolik

RPP 8 tentang Doa Tanda Salib

RPP 9 tentang Doa Bapa Kami

RPP 10 tentang Doa Salam Maria

RPP 11 tentang Doa Kemuliaan

Demikian RPP ini dibagikan untuk membantu bapak dan ibu guru dalam menyusun strategi pembelajarannya. Silakan mengedit seperlunya sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan masing-masing.

Akhir kata, abaikan saja jika RPP yang dibagikan ini tidak sesuai dengan ekspektasi bapak dan ibu guru sekalian. Sampaikan saja apa yang menjadi harapan dan keinginan bapak dan ibu guru agar bisa bahan pertimbangan bagi kami dalam menysun perangkat pembelajaran yang lebih baiak dan memadai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Agama Katolik Kelas 1 SD Semester Genap"

Posting Komentar