Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 1 Sampai 6

Pada kesempatan ini akan kami bagikan prota (program tahunan) mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk kelas 1 sampai dengan kelas 6 tingkat Sekolah Dasar (SD). Program tahunan merupakan salah satu administrasi yang juga wajib dikerjakan guru. 

Setiap guru tentu saja mengetahui apa fungsi atau manfaat dari program tahunan. Dengan demikian semua guru juga pasti tahu bagaimana menyusun atau membuatnya. Meski begitu guru sebagai pribadi pembelajar akan selalu mencari referensi yang relevan guna menunjang konsep dan pemahamannya.

Untuk maksud inilah, kami memberikan salah satu contoh program tahunan yang kiranya bisa menambah referensi  dan catatan tambahan bagi para guru. Berikut kami bagikan satu-persatu program tahunan  untuk kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 sekolah dasar. Sebelumnya akan dirincikan jumlah Kompetensi Dasar yang akan dikembangkan selama satu tahun pelajaran.

Ilustrasi dari pexels.com

Untuk kelas 1 ada delapan kompetensi dasar dengan rincian lima kompetensi dasar untuk semester ganjil dan tiga kompetensi dasar semester genapnya. Kelas 2 juga ada delapan kompetensi dasar, empat kompetensi dasar untuk semester ganjil dan empat kompetensi dasar untuk semester genap. Demikian juga dengan kelas 3 terdiri dari delapan kompetensi dasar. Rinciannya empat kompetensi dasar untuk semester ganjil dan empat kompetensi dasar untuk semester genap.

Untuk kelas 4 terdiri dari delapan kompetensi dasar. Empat kompetensi dasar untuk semester ganjil dan empat kompetensi dasar untuk semester genap. Kelas 5 ada delapan kompetensi dasar dan kelas 6 ada tujuh kompetensi dasar dengan rincian empat kompetensi dasar untuk semester ganjil dan tiga kompetensi dasar untuk semester genap.

Rincian kompetensi dasar di atas bisa saja berbeda untuk setiap satuan pendidikan. Jika berbeda silakan bapak dan ibu guru mengeditnya kembali sesuai dengan kebutuhan. Sebab format program tahunan, hemat kami sama untuk setiap satuan pendidikan. Kalau pun berbeda tentu berkaitan dengan pembagian kompetensi dasar pada setiap semester.

Kami merasa perlu untuk merinci setiap kompetensi dasar dengan harapan bapak dan ibu guru membacanya. Jika tidak sesuai dengan prota yang bapak dan ibu guru sudah buat, silakan mengabaikan prota yang kami bagikan ini. Namun jika itu sesuai, silakan mendownloadnya secara manddiri. Program tahunan selengkapnya silakan lihat pada tautan di bawah ini:

1. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 1

2. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 2

3. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 3

4. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 4

5. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 5

6. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 6

Prota (program tahunan) mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik untuk semua tingkatan kelas Sekolah Dasar ini di buat untuk memudahkan bapak dan ibu guru mencari referensi tentang contoh penyusunan program tahunan. Kiranya program tahunan ini berguna bagi bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran agama Katolik. Segala saran dan kritikan sangat kami harapkan untuk perbaikan lebih lanjut. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 1 Sampai 6 "

Posting Komentar