KKM Penddikan Agama Katolik Kelas 1, 2, dan 3 Sekolah Dasar

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang bisa juga disebut dengan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan.   

Dalam   menetapkan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama antara kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek: karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.

Hemat kami, semua guru pasti sudah memahami bagaimana menentukan KKM atau KBM. Namun terkadang karena masing-masing guru memiliki kesibukan yang terkadang tidak sengaja mengabaikan upaya untuk memahami bagaimana menentukan KKM/KBM.

Pelajaran Katolik
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Sehingga tidaklah mengherankan jika banyak guru mencari cara yang instan dengan cara membeli perangkat pembelajaran yang lengkap (dalam hal ini termasuk KKM/KBM) untuk memenuhi administrasi pembelajarannya. Hal ini tidak ada salahnya sepanjang hal itu tidak merugikan orang lain.

Untuk memenuhi kebutuhan para guru dalam melengkapi administrasinya, pada kesempatan ini kami akan membagikan salah satu administrasi yang wajin dikerjakan guru, yakni KKM/KBM. Adapun KKM/KBM yang kami bagikan ini khusus mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas 1 tingkat Sekolah Dasar.

KKM/KBM yang kami bagikan ini untuk satu tahun pelajaran. Sebab sesuai dengan konsepnya, kriteria ketuntasan belajar minimal dihitung untuk satu tahun pelajaran. Dengan demikian nilai KKM/KBM untuk setiap semester sama. Misalnya jika nilai KKM untuk semester ganjil 75 maka nilai yang sama juga berlaku untuk semester genapnya.

Untuk lebih jelasnya silakan dowonload KKM untuk kelas 1, kelas 2, dan Kelas 3 tingkat Sekolah Dasar berikut ini:

1. KKM Pendidikan Agama Katolik Kelas 1

2. KKM Pendidikan Agama Katolik Kelas 2

3. KKM Pendidikan Agama Katolik Kelas 3

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan perhitungan nilai kriteria Ketuntasn Minimal atau Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) untuk kelas 1, 2, dan 3 Sekolah dasar, silakan mendownload file di atas. Pastikan koneksi internet anda bagus agar tidak mengalami kendal saat mendownload.

Kami tidak menerima permintaan mengirim file perangkat mengajar Agama Katolik lewat WA. Jika ingin mendapatkan semua file perangkat mengajar silakan mendownloadnya secara mandiri dengan hanya mengklik setiap tautan yang diberikan. Akhirnya semua kritik saran silakan menyampaikannya di kolom komentar. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "KKM Penddikan Agama Katolik Kelas 1, 2, dan 3 Sekolah Dasar"

  1. Terima kasih Pak Yadintus Ariman ,sangat membantu tugas _tugas saya ,semoga urusan pekerjaan dan tanggungjawab Pak Ariman dimudahkan dan.dilancarkan .Gbu

    BalasHapus
  2. sangat membantu..terimaksih pak..sehat selalu

    BalasHapus