Ketuntasan Belajar Minimal Agama Katolik Kelas 4 Sekolah Dasar

Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) atau yang biasa juga disebut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan acuan yang dipakai oleh guru untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik. Kerena menyusun atau menentukan nilai KBM/KKM harus mengacu pada beberapa kriteria, yakni intake, kompleksitas, dan daya dukung.

Bapak dan ibu guru tentu mengetahui bagaimana menjabarkan masing-masing kriteria di atas. Namun untuk menyegarkan pemahaman, berikut akan dijelaskan kembali tentang masing-masing komponen atau kriteria yang menjadi pusat perhatian dalam menentukan besaran nilai ketuntasan belajar minimal.

Secara   teknis   prosedur   penentuan   KKM   mata   pelajaran   pada   satuan pendidikan dapat dilakukan antara lain dengan cara berikut. Menghitung  jumlah  KD  setiap  mata  pelajaran  pada  masing-masing tingkat kelas dalam satu tahun pelajaran.

gambar dari Pixabay

Menentukan nilai aspek karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (daya dukung) dengan memperhatikan komponen-komponen berikut.:

Karakteristik Peserta Didik (Intake)

Karakteristik peserta didik (intake) bagi peserta didik yang naik ke kelas yang baru antara  lain  memperhatikan  rata-rata  nilai  rapor pada kelas sebelumnya.

Karakteristik Mata Pelajaran (Kompleksitas)

Karakteristik Mata Pelajaran (kompleksitas) adalah tingkat kesulitan dari masing-masing mata pelajaran, yang dapat ditetapkan antara lain melalui expert judgment guru mata pelajaran melalui forum KKG tingkat sekolah, dengan memperhatikan hasil analisis jumlah KD, kedalaman KD, keluasan KD, dan perlu tidaknya pengetahuan prasyarat.

Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung)

Kondisi Satuan Pendidikan (Daya Dukung) meliputi antara lain (1) kompetensi pendidik (misalnya nilai Uji Kompetensi Guru); (2) jumlah peserta didik dalam satu kelas; (3) predikat akreditasi sekolah; dan (4) kelayakan sarana prasarana sekolah

Berdasarkan tiga komponen di atas maka ditentukanlah besaran nilai KBM atau KKM. Pada kesempatan ini kami akan membagikan contoh penentuan nuilai KBM/KKM untuk mata pelajaran pendidikan Agama Katolik Kelas 4 Sekolah Dasar. Sesuai konsepnya bahwa KBM/KKM disusun untuk satu tahun pelajaran (semester ganjil dan semester genap)

Selengkapnya bisa dilihat pada tautan di bawah ini:

KBM/KKM Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD

Demikian salah satu contoh penjabaran dan penentuan nilai ketuntasan belajara minimal untuk mata pelajaran agama katolik kelas 4 sekolah dasar. Sekali untuk diingatkan bahwa KBM/KKM yang dibagikan ini hanyalah sebagai contoh. Bapak dan ibu guru bisa menyesuaikannya dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing di mana bapak dan ibu guru mengabdi.

Kiranya KBM/KKM yang dibagikan ini berguna atau bermanfaat bagi bapak dan ibu guru dalam menambah atau melengkapi referensi yang telah dimiliki. Kritik saran sangat kami harapkan untuk perbaikan selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketuntasan Belajar Minimal Agama Katolik Kelas 4 Sekolah Dasar"

Posting Komentar