KKTP Agama Katolik Kelas 7 dan Kelas 8 (Fase D) Semester Genap

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang wajib dikerjakan guru. Melalui artikel sederhana ini, akan dibagikan contoh Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). 

KKTP ini merupakan administrasi dalam Kurikulum Merdeka (Kumer). Satuan Pendidikan yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka dalam aktivitas pembelajaran KKTP tentu bukanlah sesuat yang asing. Meski demikian, guru atau pendidik di tingkat satuan pendidikan wajib memahami apa yang mesti dikerjakan dalam kaitannya dengan KKTP ini.

Jika dalam Kurikulum Tiga Belas (Kurtilas) guru mengenal KKM (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) maka sesungguhnya dalam Kurikulum Merdeka KKM diganti dengan KKTP. Tentu saja KKM dan KKTP sangatlah berbeda dari segi konsep serta implementasinya dalam aktivitas pembelajaran.

Ilustrasi gambar dari pexels.com

Jika KKM lebih menekankan tentang nilai dalam bentuk angka semata sedangkan KKTP tidak hanya berpatok pada angka atau nilai tetapi tetapi juga memberikan pemaknaan terhadap nilai yang diperoleh murid. Sehingga dalam KKTP dicantumkan interval nilai dan deskripsinya.

Berikut ini akan dibagikan contoh KKTP untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas Tujuh (7) dan kelas Delapan (8) untuk semester genap Sekolah Menengah Pertama (SMP). Saya sengaja membagikan KKTP ini untuk dua kelas sekaligus. Hal ini dikandung maksud agar mempermudah bapak dan ibu guru yang sedang bingung mencari perangkat pembelajaran Agama Katolik. 

File KKTP yang dibagikan ini dalam bentuk pdf. Jika bapak dan ibu guru ingin file dalam bentuk word silakan kontak di no WhatsApp pada menu kontak. KKTP yang dibagikan ini tentu bukanlah sesuatu yang baku. Sebab sebagai guru, saya juga masih terus membaharui pengetahuan dan pemahaman saya tentang implementasi dari Kurikulum Merdeka pada tingkat Ssatuan Pendidikan.

Meski demikian, KKTP yang dibagikan ini bisa dijadikan salah satu acuan bapak ibu guru agama katolik dalam membuat KKTP di tingkat satuan pendidikan masing-masing. KKTP selengkapnya, bapak dan ibu guru bisa klik tautan di bawah ini:

1. KKTP kelas 7 Semester Genap lihat DI SINI

2. KKTP kelas 8 Semester Genap lihat DI SINI

Demikian KKTP ini dibuat untuk membantu bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dalam melengkapi administrasi pembelajarannya. Kiranya KKTP yang dibagikan ini bisa membantu. Kritik dan saran yang membangun sangat diharpakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KKTP Agama Katolik Kelas 7 dan Kelas 8 (Fase D) Semester Genap"

Posting Komentar