Program Semester Genap Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Katolik Kelas 7

Menyusun Program Semester ganjil maupun semester genap bukanlah sesuatu yang baru bagi guru. Meski demikian, kadang guru harus memeras pikiran, waktu dan tenaga untuk mengerjakannya. Hal ini terjadi karena adanya perubahan kurikulum dari kurikulum Tiga Belas (K13) ke Kurikulum Merdeka (Kumer). 

Perubahan kurikulum ini di satu sisi memang penting karena pendidikan itu sendiri harus tetap selaras zaman dengan aneka perubahan yang terjadi. kenyataan ini pun menuntut guru untuk adaptif terhadap perubahan yang ada.

Pada kesempatan ini akan dibagikan salah satu contoh program semester genap untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas 7 berdasarkan Kurikulum Merdeka. Penjabaran alokasi pekan dalam bulan selama  semester genap, yakni dari bulan Januari sampai bulan Juni tidak berbeda dengan kurikulum  Tiga Belas (K13). 

Foto: Dokumentasi Pribadi

Perbedaannya hanya pada penjabaran materi atau kontennya. K13 dijabarkan dalam bentuk Kompetensi Dasar (KD) dan indikator sedangkan dalam Kurikulum Merdeka dijabarkan dalam bentuk Tujuan Pembelajaran (TP). Boleh dibilang terjadi perubahan istilah dari Kompetensi Dasar (KD) ke Tujuan Pembelajaran (TP). 

Perubahan istilah ini tentu tidak dijelaskan secara detail di sini. Seiring berjalannya waktu, bapak dan ibu guru tentu akan mendalaminya secara mandiri. Seabagi guru, saya mencoba membagikan apa yang saya mengerti atau yang saya pahami berkaitan dengan implementasi Kurikulum Merdeka (Kumer), dalam hal ini tentang penyusunan program semester (genap).

Program semester genap kelas 7 selengkapnya bisa bapak dan ibu guru LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Program Semester yang dibagikan di atas merupakan hasil pemahaman saya pribadi berkaitan dengan Kurikulum Merdeka. Tentu saja setiap guru agama katolik pasti memiliki pemahaman yang berbeda. Jika program semester yang saya bagikan ini berkenan silakan bapak dan ibu guru download secara gratis. Namun jika program semester yang saya bagikan ini memiliki banyak kekurangan, dengan rendah hati saya mempersilakan bapak dan ibu guru untuk mengabaikannya.

Besar harapan agar semua kritikan dan saran yang membangun sangat saya harapkan untuk perbaikan lebh lanjut. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Semester Genap Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Katolik Kelas 7"

Posting Komentar