Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 (Fase D) Kurikulum Merdeka

Program Tahunan (Protah) merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang wajib dikerjakan oleh guru pada awal tahun pelajaran. Program Tahunan memang disusun pada setiap awal tahun pelajaran. Karena itu Protah ini memuat rangkaian alokasi waktu pembejaran  untuk satu tahu pelajaran yakni semester ganjil dan semester genap.

Tentu saja isi dari protah ini tidak hanya alokasi waktu melainkan juga konten atau pokok materi sepanjang satu tahun pelajaran. Pada kesempatan ini akan dibagikan salah satu contoh protah mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase D untuk kelas 7. Jika pada kurikulum Tiga Belas (K13) dicantumkan Kompetensi Dasar maka dalam kurikulum merdeka (Kumer) dicantumkan Tujuan Pembelajaran (TP).

Selain mencantumkan Tujuan Pembelajaran (TP) dalam Protah juga dijabarkan alokasi waktu untuk setiap TP. Hingga pada akhirnya dikalkulasikan total Jam Pelajaran (JP) selama satu tahun pelajaran. Perlu diketahui bahwa untuk Satuan Pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau fase D, satu jam pelajaran dengan durasi waktu 40 menit. 

Ilustrasi dari pixabay.com

Bobot mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik adalah 3 JP. Namun 3 JP ini dibagi lagi 2 JP untuk  kegiatan tatap muka di dalam kelas dan 1 JP untuk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Mekanisme pembagian alokasi waktu ini tentu disesuaikan dengan kondisi Satuan Pendidikan. 

Selain Tujuan Pembelajaran dan alokasi waktu, dalam protah yang dibagikan berikut ini juga dicantumkan elemen dan Capaian Pembelajaran (CP). Hal ini dikandung maksud agar bapak dan ibu guru bisa dengan mudah melihat keterkaitan antara Elemen, CP dan TP. 

Sejujurnya Protah yang dibagikan ini hanyalah sebagai salah satu contoh dan bukan satu-satunya contoh. Sebab ada banyak contoh Protah yang tersebar luas di jagat maya. Hal ini tentu akan memanjakan bapak dan ibu guru untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan konteks satuan pendidikannya. 

Program Tahunan (Protah) selengkapnya bisa LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Program Tahunan yang dibagikan ini tentu saja masih memiliki kelemahannya. Namun apa yang dibagikan di sini bisa saja mendekati kesempurnaan. Jangan ragu untuk melihat dan mendownloadnya secara gratis. Jika bapak dan ibu guru ingin mendapatkan informasi tambahan, silakan hubungi kontak yang ada. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 (Fase D) Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar