Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 7, 8 dan 9

Program tahunan berfungsi mendistribusikan kompetensi dasar selama satu tahun pelajaran. Adapun komponen yang termuat dalam program tahunan meliputi identitas (satuan pendidikan, kelas, mata pelajaran, tahun pelajaran), Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, alokasi waktu, keterangan. Penyusunan program tahunan ini sesungguhnya tidak memakan waktu yang lama bila dibandingkan dengan pembuatan silabus dan juga perangkat pembelajaran lainnya.

Pada kesempatan ini akan dibagikan contoh program tahunan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas 7, kelas 8, dan kelas 9. Kami sengaja membagikan program tahunan  untuk tiga kelas sekaligus. Hal ini bertujuan agar memudahkan bapak dan ibu guru dalam menemukan program tahunan, lebih khusus bapak dan ibu guru yang yang mengajar pada ketiga tingkatan kelas dimaksud.

Program tahunan yang dibagikan ini sesungguhnya bisa berlaku untuk semua satuan pendidikan sekolah menengah pertama. Hemat kami program tahunan tidak menguras banyak pikiran dan tenaga dalam menyusun atau membuatnya. Program tahunan tidak membutuhkan analisis yang mendalam seperti silabus, RPP, KKM yang harus sesuai dengan konteks atau pun kondisi satuan pendidikan masing-masing.

Photo by cottonbro from Pexels

Dengan demikian program tahunan yang dibagikan ini bisa dipakai secara utuh. Namun kami tetap menyadari bahwa setiap guru memiliki pemahamannya masing-masing. Dan, hal itu sangat menentukan cara dan hasil penyusunan program tahunan. Hal ini sah-sah saja sepanjang tidak keluar dari komponen dasar pembentuknya sebagaimana yang telah disampaikan di atas.

Sebelum kami membagikan program tahunan selengkapnya, kami terlebih dahulu merincikan jumlah komptensi dasar selama setahun untuk masing-masing kelas (kelas 7, kelas 8, dan kelas 9). Untuk kelas 7 ada delapan kompetensi dasar dengan rincian lima kompetensi dasar untuk semester ganjil dan tiga kompetensi dasar pada semester genapnya. Untuk kelas delapan ada sebelas kompetensi dasar dngan pmbagian lma kompetensi dasar di semesr ganjl dan enam kompetensi dasar pada semester genap. Sedangkan untuk kelas smbilan ada sepuluh kompetensi dasar dengan rincian tujuh komptensi dasar pada semester ganjil dan tiga komptensi dasar untuk semester genap.

Rincian komptensi dasar sepanjang tahun pelajaran perlu disampaikan agar bapak dan ibu guru menganalisisnya terlebih dahulu sebelum melihat dan mendownloadnya. Kalau rincian yang dijabarkan tidak sesuai silakan bapak dan ibu guru mengabaikannya. Tetapi jika itu sesuai dengan karaktersitik mata pelajaran Pendidikan agama Katolik, tidak ada salahnya jika bapak dan ibu guru mendownloadnya secara mandiri.

Rincaian jumlah komptensi dasar untuk masing-masing kelas bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau keadaan satuan pendidikan di mana bapak dan ibu guru mengabdi. Karena itu program tahunan yang dibagikan ini bisa diedit kembali sesuai dengan kebutuhan. Program tahunan selengkapnya dari kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 bisa dilihat pada tautan tautan di bawah ini:

1. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 7

2. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 8

3. Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 9

Demikian program tahunan ini dibuat guna membantu bapak dan ibu guru melengkapi admisnistrasi pembelajarannya dan lebih dari itu menginspirasi para pendidik khususnya pengasuh mata pelajaran pendidikan agama katolik dan budi pekerti tingkat sekolah menengah pertama dalam memberikan pengajaran dan pendidikan yang baik bagi peserta didik. Terima kasih. Tuhan berkati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Tahunan Pendidikan Agama Katolik Kelas 7, 8 dan 9"

Posting Komentar