Program Semester Ganjil Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 dan 9

Setiap guru pasti tahu apa itu program semester. Sebelum menyusun program semester banyak guru yang mencarinya di internet guna mendapatkan referensi yang baik sehingga bisa menyusun atau membuat program semester secara sempurna.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan salah satu contoh atau model program semester yang sekiranya bisa menambah referensi sekaligus menjadi acuan dalam pembuatan program semester. Sekedar untuk menyegarkan kembali ingatan kita bahwa program semester berfungsi mendistribusikan alokasi waktu setiap bulan.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan contoh program semester ganjil untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan budi pekerti kelas 8 dan kelas 9. Karena program semester ini untuk semester ganjil maka rentang bulan yang tersaji adalah dari bulan Juli hingga Desember. Dengan demikian untuk program semester genapnya dari bulan Januari hingga bulan Juni.

katolik smp

Rincian kompetensi dasar program semester ganjil untuk kelas 8 terdiri dari lima kompetensi dasar, antara lain pertama, Memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia; kedua, Memahami tugas Yesus Kristus mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan; ketiga, Memahami panggilan dan perutusan Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya pada zaman sekarang demi mewujudkan Kerajaan Allah; keempat, Memahami makna peristiwasengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaan-Nya; dan kompetensi dasar yang kelima, Memahami peran Roh Kudus pada Gereja Perdana dan Gereja masa kini.

Selanjutnya program semester ganjil untuk kelas Sembilan terdiri dari tujuh kompetensi dasar, yakni pertama, Memahami tentang Allah yang senantiasa berusaha menyelamatkan semua orang, yang ditanggapi dengan beriman dan beragama; kedua, Memahami praktik hidup beriman kristiani dalam Gereja Katolik; ketiga, Memahami ajaran Gereja dan Kitab Suci tentang hak dan kewajiban umat beriman kristiani; keempat, Memahami latarbelakang dan tujuan, serta pelbagai bentuk pelayanan Gereja di tengah masyarakat; kelima, Memahami sikap dan pandangan Gereja tentang keluhuran martabat hidup manusia; keenam, Memahami ajaran Gereja tentang kejujuran dan keadilan; dan ketujuh, Memahami sikap dan pandangan Gereja atas berbagai keprihatinan tentang keutuhan alam ciptaan dan usaha yang dilakukan.

Download juga: Program Semester Ganjil Pendidikan Agama Katolik Kelas 7

Semua rencana pelaksanaan pembelajaran untuk selama semester ganjil ini harus sesuai dengan jumlah kompetensi dasar yang dijabarkan dalam program semester ganjl. Untuk diketahui bahwa semua rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibagikan dalam blog ini sudah sesuai dengan program semester yang akan dibagikan ini. Jadi bapak dan ibu guru tidak perlu ragu mendownload program semester yang dibagikan ini.

Program semester ganjil selengkapnya untuk kelas 8 dan kelas 9 silakan klik tautan di bawah ini:

1. Program Semester Ganjil Pendidikan Agama Katolik Kelas 8

2. Program Semester Ganjil Pendidikan Agama Katolik Kelas 9

Setelah melihat program semester ganjil kelas 8 dan 9 di atas, bisa tidak sesuai dengan ekspektasi dan harapan bapak dan ibu guru. Karena itu abaikan jika hal itu terjadi. Namun semua program semester yang kami bagikan sudah disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran pendidikan agama Katolik dan budi pekerti. Kiranya program semester yang dibagikan ini berguna membantu bapak dan ibu guru untuk melengkapi administrasi pembelajarannya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Semester Ganjil Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 dan 9"

Posting Komentar