RPP 1 Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 Semester Genap

Dalam  Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nomor  22  Tahun  2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. 

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.

RPP dikembangkan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran. Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah  proses. 

Foto oleh George Milton dari Pexels

Dalam  perspektif  manajemen,  kegiatan  perencanaan  selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan. Penyusunan dan pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok. Acuan pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan salah satu model RPP versi lengkap, yang di dalamnya memuat tiga belas komponen, antara lain: indetitas pendidikan, indentitas mata pelajaran, kompetensi inti, komptensi dasar, indicator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, media dan bahan, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, peniaian dan lampiran. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 yang kami bagikan ini merupakan RPP untuk kompetensi dasar yang keenam pada semester genap mata pelajaran pendidikan agama katolik kelas 8. Kompetensi dasar keenam ini tentang memahami makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman.

Kompetensi dasar ini memiliki dua materi pokok, yakni Gereja sebagai paguyuban dan ciri-ciri Gereja sebagai paguyuban. RPP ini terdiri dari dua kali pertemuan kegiatan pembelajaran. Alokasi waktu masing-masing pertemuan adalah tiga kali empat puluh menit (3 x 40 menit).

Perlu kami tegaskan bahwa RPP yang kami bagikan ini berdasarkan kurikulum 2013 (K13). Kami merasa perlu membagikan RPP versi lengkap karena hemat kami masih banyak bapak dan ibu guru yang memakainya untuk aktivitas pembelajaran di sekolah.

Kalau pun bapak dan ibu guru ingin menyederhanakan RPP yang lengkap ini cukup mudah yakni dengan menghapus komponen yang tidak diperlukan.  Dengan demikian tersisa hanya menjadi tiga komponen yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. RPP yang disederhanakan ini tentu mengacu pada surat edaran kemendikbudristek No. 14 tahun2019.

RPP selengkapnya bisa bapak dan ibu guru LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Abaikan saja jika RPP yang dibagikan ini tidak sesuai dengan ekspektasi bapak dan ibu guru. Kami berharap jika ada saran dan kritikan dari bapak dan ibu guru, silakan menyampaikannya pada kolom komentar. 

Kami akan terus berupaya memperbaiki diri dengan menyajikan perangkat pembelajaran yang benar-benar relevan dan tentu saja sesuai dengan karakteristik mata pelajaran pendidikan agama katolik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP 1 Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 Semester Genap"

Posting Komentar