RPP 3 Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 Semester Genap

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) versi lengkap merupakan RPP yang disusun berdasarkan Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nomor  22  Tahun  2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 

Pada kesempatan ini kami tidak lagi menjelaskan tentang isi Permen ini. Kami langsung mengimplemetasikannya dalam bentuk RPP sebagaimana diamanatkan dalam Permen tersebut. Pada kesempatan ini kami akan membagikan RPP 3 Pendidikan Agama Katolik kelas 8 semester genap.

RPP 3 ini berkaitan dengan Kompetensi dasar (KD) yang ke delapan (8) tentang Memahami bahwa Gereja  adalah tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang. Kompetensi Dasar ini terangkum dalam dua materi pokok yakni pertama, materi tentang Tanda dan Sarana Penyelamatan dalam Hidup Manusia; dan kedua, Gereja sebagai Tanda dan Sarana Penyelamatan Manusia.

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Berdasarkan kedua materi pokok ini maka ada dua kali pertemuan kegiatan pembelajaran dengan alokasi waktu masing-masing pertemuan adalah tiga kali empat puluh menit. Dengan demikian alokasi waktu yang tersedia untuk menyelesaikan kompetensi dasar ini adalah enam kali empat puluh menit sama dengan dua ratus empat puluh menit.

Perlu ditegaskan bahwa Kegiatan pembelajaran dalam RPP yang dibagikan ini telah mengacu pada pelaksanaan pembelajaran abad 21 yang memuat empat (4)  komponen pokok pembelajaran abad 21 yang terdiri dari penguatan karakter, literasi, 4C (Critical Thinking, Creative, Colaboration, Comunication)  dan HOTS (High Order Thingking Skill). Semuanya akan tampak jelas dalam setiap komponen dalam langkah-langkah pembelajaran. 

Kami sengaja tetap membagikan model atau contoh RPP versi yang lengkap, mengingat masih banyak satuan pendidikan yang menggunakan RPP versi ini. Jika pada kenyataannya nanti semua guru diwajibkan untuk memakaio RPP yang disederhanakan maka RPP versi lengkap yang dibagikan ini bisa disederhanakan. 

Caranya sangat mudah, yakni dengan menghapus komponen yang tidak diperlukan sebagaimana yang diamanatkan berdasarkan Surat Edaran kemendikbudristek Tahun 2019. Dalam Surat Edaran itu dijelaskan tentang penyederhanaan RPP yang hanya mencakup tiga komponen, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan assessment atau penilaian.

Dengan melihat kenyataan saat ini dimana bapak menteri Nadiem, Anwar Makarim memberikan kebebasan kepada setiap satuan pendidikan untuk memilih dan menerapkan salah satu model kurikulum, antara lain, Kurikulum Tiga Belas (K13), Kurikulum Darurat, dan kurikulum Merdeka Belajar yang sedang digaungkan sekarang.

Ini berarti guru diberikan kebebasn untuk menyusun atau merancang RPP yang relevan dengan kondisi peserta didik pada satuan pendidikan masing-masing. Dengan demikian bapak dan ibu guru silakan memilih antara RPP versi lengkap yang akan kami bagikan ini atau RPP yang disederhanakan. RPP 3 versi lengkap kelas 8 semester genap silakan bapak dan ibu guru LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Demikian RPP ini dibuat untuk memberikan kemudahan kepada bapak dan ibu guru dalam melengkapi administrasi pembelajarannya. Semua kritik sanb usul saran silakan disampaikan di kolom komentar.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP 3 Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 Semester Genap"

Posting Komentar