RPP 2 Versi Lengkap Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 Semester Genap

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) versi lengkap merupakan RPP yang disusun berdasarkan Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Nomor  22  Tahun  2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 

Disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.

RPP berdasarkan permen ini mencakup Komptensi Inti, Kompetensi dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, alat dan media pembelajaran, sumber belajara, langkah-langkah pembelajaran, penilaian, dan lampiran-lampiran.

Gambar dari pexels.com

Kegiatan pembelajaran harus mengacu pada pelaksanaan pembelajaran abad 21 yang memuat empat (4)  komponen pokok pembelajaran abad 21 yang terdiri dari penguatan karakter, literasi, 4C (Critical Thinking, Creative, Colaboration, Comunication)  dan HOTS (High Order Thingking Skill).

RPP lengkap ini memang telah disederhanakan berdasarkan Surat Edaran Kemendikbudristek tahun 2019. RPP lengkap ini disederhanakan menjadi hanya tiga komponen, yakni tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. 

Pada kesempatan ini, kami membagikan contoh RPP lengkap untuk mata pelajaran pendidikan Agama Katolik dan budi pekerti kelas 8 semester genap. RPP yang dibagikan ini merupakan RPP 2. RPP 2 ini juga merupakan kelanjutan dari RPP sebelumnya, yakni RPP 1. 

RPP 2 ini berkaitan dengan komptensi dasar yang ke Tujuh tentang Memahami aneka pelayanan Gereja.  Materi pokok dalam kompetensi dasar ini adalah bentuk-bentuk Pelayanan Gereja Sebagai Paguyuban.

Keempat materi pokok ini akan diramu ke dalam satu kali pertemuan pembelajaran. Masing-masing pertemuan memiliki indicator masing-masing dan hal itu telh dirinci pada bagian Indicator Pencapaian Kompetensi (IPK).

RPP selngkapnya bisa bapak dan ibu guru LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Setelah melihat RPP yang kami bagi ini tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya, RPP ini memberikan gambaran yang lengkap dan rinci tentang aktivitas pembelajaran. Namun kelemahannya adalah proses penyusunannya membutuhkan waktu yang lama tentunya. 

Berhadapan dengan kenyataan ini, bapak dan ibu guru silakan menilai dan memilih RPP model mana yang diinginkan. Sejujiurnya, kami masih konsisten untuk membagikan model RPP versi lengkap berdasarkan Kurikulum Tiga Belas (K13). 

Pada saatnya nanti kami akan membagikan model pembelajaran berdasarkan kurikulum yang akan berlaku, yakni Kurikulum Merdeka Belajar. Karena itu kami sangat mengharapkan dukungan dari bapak dan ibu guru atau berbagai pihak yang memiliki perhatian terhadap pengembangang Pendidikan Agama Katolik di mana pun berada.

Dukungan dari bapak dan ibu guru bisa berupa kritik serta saran yang membangun agar kami semakin bersemangat untuk berkarya membagikan model-model perangkat pelajaran agama Katolik yang sesuai dengan kurikulum dan karakteristik pelajaran Katolik. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP 2 Versi Lengkap Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 Semester Genap"

Posting Komentar