Berdoa dengan Baik dan Benar (RPP 12 Agama Katolik Kelas 1 SD)

Berdoa dengan baik dan benar merupakan salah satu materi pokok dari pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas Satu (1) semester genap jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Yang akan di bahas dan dibagikan di sini tentu bukan tentang pembahasan lengkap berkaitan dengan materi pokok ini melainkan sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang materi pokok dimaksud.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini berkaitan dengan kompetensi dasar yang ke delapan tentang mengenal sikap-sikap berdoa sebagai ungkapan iman kepada Allah. RPP ini merupakan bagian terkahir dari semua RPP sepanajng semester genap ini. 

Jika di urutkdan dari RPP sbelumnya maka RPP yang dibagikan ini merupakan RPP yang ke Dua Belas (12). Dari sini bisa dipastikan bahwa sepanjang satu tahun pelajaran ada 12 RPP yang wajib dikerjakan guru. 

Rinciannya adalah Lima RPP untuk semester ganjil dan Tujuh RPP untuk semester genap. Meskipun pada pada semester genap lebih banyak RPP namun sesungguhnya pada semester genap hanya memuat tiga kompetensi dasar. Sedangkan pada semester ganjil ada Lima kompetensi dasar. Artinya selama satu tahun pelajaran ada Delapan kompetensi dasar.

Pengaturan pembagian ini sangat bergantung pada bapak dan ibu guru yang tentunya disesuaikan dengan banyaknya pekan efektif untuk setiap semester pada satuan pendidikan masing-masing. Kompetensi dasar pada RPP yang terakhir ini dijabarkan ke dalam dua kali pertemuan tatap muka.

Ada pun yang menjadi tujuan pembelajarannya antara lain, pertama peserta didik dapat menyebutkan sikap-sikap doa yang baik dan benar dan yang kedua, peserta didik dapat membiasakan diri untuk berdoa dengan sikap yang baik dan benar.

Tentang tujuan pembelajaran ini, bapak dan ibu guru bisa menambahkan tujuan lain yang relevan dengan konteks satuan pendidikannya. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibagikan (RPP) ini merupakan rencana pembelajaran versi lengkap Kurikulum Tiga Belas (K13) yang di dalamnya memuat beberapa komponen yakni kompetensi inti, indicator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode dan pendekatan, alat dan bahan, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian.

Jika mengacu pada RPP yang dsederhanakan maka komponen-komponen di atas dirngkas menjadi hanya tiga komponen, yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian.

Dengan demikian RPP versi lengkap yang dibagikan ini bida disederhanakan dengan menghapus komponen lain yang tidak diperlukan.

Kemendikbudristek memang telah memberikan tiga alternatif kurikulum kepada setiap satuan pendidikan di seluruh Indonesia. 

Tiga alternatif kurikulum dimaksud antara lain Kurikulum Tiga Belas (K13), Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Merdeka. Setiap sekolah diberikan kebebasan untuk menentukan kurikulum yang ingin diterapkan.

Dari tiga pilihan ini, hemat saya masih banyak sekolah yang menerapkan Kurikulum Tiga Belas (K13) dari pada kurukulum Darurat dan Kurikulum Merdeka. Inilah yang menadi alasan utama mengapa di blog ini masih membagikan perangkat pembelajaran K13.

Seiring berjalannya waktu, akan dibagikan juga model-model perangkat Pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka. Untuk saat ini kami hanya berfokus pada perangkat pembelajaran b erdasarkan Kurikulum Tiga Belas (K13).

Untuk RPP selengkapnya silakan bapak dan ibu guru melihat dan mendownloadnya DI SINI

Demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan materi pokok Berdoa dengan Baik dan Benar ini disusun dan dibagikan untuk bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas satu tingkat Sekolah Dasar. 

Kami berharap RPP yang dibagikan ini bisa membantu bapak dan ibu guru dalam melengkapi administrasi pembelajarannya. Jia menemukan kejanggalan dari RPP yang dibagikan ini, silakan menyampaiakannya pada kolom komentar. Segala usul dan saran dari bapak dan ibu guru akan sangat kami hargai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berdoa dengan Baik dan Benar (RPP 12 Agama Katolik Kelas 1 SD)"

Posting Komentar