Roh Kudus Menguatkan Para Rasul (RPP KD 5 Sub Tema A Agama Katolik Kelas 5 SD)

Roh Kudus Menguat Para Rasul merupakan materi pokok untuk kompetensi dasar yang kelima. Kompetensi dasar ini berbicara tentang Memahami hidup baru dalam Roh Kudus yang terungkap melalui doa-doa.

Kompetensi dasar ini hanya memuat satu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dirancang untuk dua kali pertemuan tatap  muka. Dengan demikian alokasi waktu yang digunakan adalah delapan kali tiga puluh lima menit (8 x 35 menit).

RPP yang dibagikan ini merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang pertama pada semester genap agama katolik kelas 5 Sekolah Dasar.

Foto oleh pixabay

Ada pun yang menjadi kelebihan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini adalah adanya lampiran berupa rubrik penilaian, mulai dari sikap spiritual, sikap sosial, kisi-kisi penilaian kognitif, dan penilaian keterampilan.

Semua RPP yang dibagikan sebelumnya di sini juga memuat lampiran sebagaimana disebutkan di atas. Hal ini tentu akan sangat membantu bapak dan ibu guru dalam melengkapi administrasi pembelajarannya.

Sama seperti perangkat seblumnya yang dibagikan di blog ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dibagikan (RPP) ini merupakan rencana pembelajaran versi lengkap Kurikulum Tiga Belas (K13) yang di dalamnya memuat beberapa komponen yakni kompetensi inti, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode dan pendekatan, alat dan bahan, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian.

Jika mengacu pada RPP yang disederhanakan maka komponen-komponen di atas diringkas menjadi hanya tiga komponen, yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian.

Dengan demikian RPP versi lengkap yang dibagikan ini bisa disederhanakan yaitu dengan cara menghapus komponen lain yang tidak diperlukan.

Kemendikbudristek memang telah memberikan tiga alternatif kurikulum kepada setiap satuan pendidikan di seluruh Indonesia. 

Tiga alternatif kurikulum dimaksud antara lain Kurikulum Tiga Belas (K13), Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Merdeka. Setiap sekolah diberikan kebebasan untuk menentukan kurikulum yang ingin diterapkan pada tingkat satuan pendidikannya.

Dari tiga pilihan ini, hemat saya masih banyak sekolah yang menerapkan Kurikulum Tiga Belas (K13) dari pada kurukulum Darurat dan Kurikulum Merdeka. Inilah yang menadi alasan utama mengapa di blog ini masih membagikan perangkat pembelajaran K13.

Seiring berjalannya waktu, akan dibagikan juga model-model perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka. Untuk saat ini kami hanya berfokus pada perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tiga Belas (K13).

Untuk RPP selengkapnya silakan bapak dan ibu guru melihat dan mendownloadnya dengan mengklik tautan di bawah ini:

RPP KD 5 Sub Tema A-Roh Kudus Menguatkan Para Rasul

Demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkaitan dengan kompetnsi dasar tentang Memahami hidup baru dalam Roh Kudus yang terungkap melalui doa-doa. #

RPP ini disusun dan dibagikan untuk bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas Lima tingkat Sekolah Dasar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Roh Kudus Menguatkan Para Rasul (RPP KD 5 Sub Tema A Agama Katolik Kelas 5 SD)"

Posting Komentar