Kisi-kisi Soal US Agama Katolik SMP kelas 9 Lengkap dengan Butir Soal dan Kunci Jawaban

Menjelang akhir tahun pelajaran, para guru pasti disibukkan dengan penyusunan soal akhir semester genap dan penyusunan soal Ujian akhir sekolah atau Ujian Sekolah (US). Menyusun soal tentu memiliki kaidah-kaidah yang mesti diketahui dan diterapkan oleh guru. 

Ini berarti, guru tidak serta merta mengambil secara mentah dari buku pelajaran atau pun dari internet. Guru mesti sanggup menyusun soal secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dalam menyusun soal, guru harus membuat kisi-kisi-nya terlebih dahulu. Kisi-kisi inilah yang akan menuntun guru untuk menciptakan soal yang sesuai dengan kompetensi dasar (kd), indikator pencapaian kompetensi (ipk) serta materi yang diajarkan kepada peserta didik. Dengan demikian, soal-soal yang dihasilkan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Gambar: Dokumentasi Pribadi

Pada kesempatan ini akan dibagikan salah satu contoh kisi-kisi soal Ujian Sekolah mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti untuk kelas 9. Komponen kisi-kisi yang dibagikan di sini tidaklah berbeda jauh dengan kisi-kisi yang telah dibagikan di blog ini. 

Pada umumnya, banyak guru membuat kisi-kisi terpisah dengan butir soal dan kunci jawabannya. Dan, memang seyogianya demikian. Hal ini dikandung maksud agar kisi-kisi soal yang telah dibuat bisa dibagikan kepada peserta didik sehingga bisa menjadi panduan bagi murid untuk belajar secara mandiri.

Namun dalam kisi-kisi yang akan dibagikan ini akan ditambahkan komponen indikator soal, butir soal dan kunci jawabannya. Sebab, hemat kami hal ini akan sangat membantu guru dalam melihat keterkaitan antara kd, ipk, materi ajar, level kognitif indikator soal dengan butir soal yang dibuat. Perlu dipahami bahwa satu ipk bisa mewakili beberapa soal sedangkan satu indikator soal hanya mewakili satu butir soal.

Selain itu, kisi-kisi soal yang dibagikan ini tidak hanya membantu guru dalam melengkapi administrasi pembelajarannya. Kisi-kisi soal yang dibgikan ini akan sangat berguna bagi para peserta didik yang beragama katolik untuk mendalami pelajaran agama katolik.

Kisi-kisi soal lengkap dengan Butir Soal dan Kunci Jawaban bisa bapak dan ibu guru lihat dan download di sini

Kami berharap kisi-kisi soal yang dibagikan ini berguna atau bermanfaat bagi bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran pendidikan Agama Katolik di mana pun berada. Juga bagi para peserta didik yang beragama katolik semoga mendapatkan kemudahan dalam memahami konten pelajaran agama katolik. 

Tentu kisi-kisi soal beserta butir soal dan kunci jawaban yang dibagikan ini masih memiliki banyak kekurangannya. Karena itu segala kritik saran yang membangun sangat diharapkan. Tuhan berkati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisi-kisi Soal US Agama Katolik SMP kelas 9 Lengkap dengan Butir Soal dan Kunci Jawaban"

Posting Komentar