Silabus Agama Katolik SMP Kelas Tujuh

Silabus Pelajaran merupakan salah satu bagian penting dari perangkat pembelajaran yang harus dibuat oleh guru mata pelajaran. Silabus pembelajaran ini tentu saja tidak asal buat. Silabus  harus tetap menagcu pada kurikulum yang ada. 

Pada kesempatan ini saya akan membagikan silabus pelajaran Agama Katolik untuk SMP kelas Tujuh. Silabus yang dibagikan ini dibuat untuk dua semester sekaligus yakni semester genap dan semester ganjil. Hal ini bertujuan agar para guru bisa menyesuaikannya sedini mungkin sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing wilayah.

Sumber Foto: Julia M Cameron dari Pexels

Silabus yang dibagikan ini merupakan silabus yang memang sudah lazim ada pada guru agama Katolik pada umumnya. Namun saya tetap ingin membagikannya kembali mengingat masih ada guru yang masih sulit untuk mengakses buku pelajaran karena berada di pelosok atau di daerah tertinggal.

Harapannya, silabus yang saya bagikan ini bisa menjangkau mereka yang kurang atau masih minim informasi tentang pembuatan silabus pelajaran. Sebagaimana biasanya, komponen silabus antara lain Kompetensi Inti, Kompetensi dasar, materi pokok, ruang lingkup, nilai karakter, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

Dengan demikian ada sembilan komponen yang semestinya ada dalam silabus pelajaran. Dalam ruang lingkup di sana hanya ditulis dengan angka 1 sampai dengan angka 4. Hal ini sengaja dibuat dengan pertimbangan bapak dan ibu guru sudah mengetahuinya.

Meski demikian saya akan tetap mengingatkannya kembali bahwa ada empat (4) ruang lingkup pelajaran agama katolik, yakni:

  1. Pribadi Peserta Didik
  2. Yesus Kristus
  3. Gereja
  4. Masyarakat
Jika dalam kolom ruang lingkup ada angka 1, 2, 3 atau 4, bapak dan ibu guru akan dengan sendirinya tahu bahwa angka 1 itu merupakan ruang lingkup materi yang berkaitan dengan pribadi peserta didik, demikian seterusnya.

Untuk tidak memperpanjang kata, silabus selengkapnya bisa di download dengan mengklik tautan di bawah ini:

Silabus Pendidikan Agama KAtolik Kelas 7 Semester Ganjil dan Genap

Demikian silabus ini dibuat untuk kelengkapan administrasi bapak dan ibu guru jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Agama Katolik SMP Kelas Tujuh"

Posting Komentar