Pemetaan SKL, KI, KD dan IPK Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 SMP

Pemetaan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi dasar (KD) dan Indikator Pecapaian Kompetensi (IPK) merupakan salah satu administrasi yang wajib dikerjakan guru. Mungkin akan kelihatan sepele jika jarang dikerjakan oleh guru. Namun sesungguhnya hal ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah aktivitas pembelajaran. 

Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar Kompetensi Lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Standar Kompetensi Lulusan terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.  SKL Jenjang SMP/MTs  tertuang dalam Permedikbud No. 20 Tahun 2016.

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Standar  Kompetensi  Lulusan (SKL) adalah  kriteria mengenai kualifikasi  kemampuan  lulusan  yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi  Inti  merupakan  tingkat  kemampuan untuk  mencapai  standar  kompetensi  lulusan yang  harus  dimiliki  seorang  peserta  didik  pada setiap  tingkat  kelas.  Kompetensi  inti  mencakup:  sikap  spiritual,  sikap  sosial, pengetahuan,  dan  keterampilan. Kompetensi ini merupakan landasan pengembangan kompetensi dasar. 

Dalam setiap rumusan Kompetensi  Dasar  terdapat unsur kemampuan berpikir atau bertindak dan materi. Kompetensi dasar diuraikan ke dalam beberapa indikator pencapaian kompetensi (IPK). Selanjutnya berdasarkan IPK ditentukan butir-butir materi, kegiatan pembelajaran, dan teknik penilaian yang sesuai.

Pemahaman terhadap konsep di atas akan tersaji dalam pemetaan SKL, KI, KD dan IPK dalam pembelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas Tujuh berikut ini: 

Pemetaan SKL, KI, KD dan IPK Agama Katolik Kelas 7 SMP Semester Ganjil

Contoh pemetaan yang dibagikan di atas bisa saja berbeda dengan konsep yang dimiliki oleh bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Namun sesungguhnya apa yang sudah kami bagikan ini merupakan hasil dari KKG tingkat guru mata pelajaran di Kabupaten Sumba Timur. Ini juga merupakan hasil dari pengarahan dan bimbingan dari nara sumber yang berpengalaman dalam bidang pendidikan agama Katolik.

Untuk itu kami berharap jika pemetaan SKL, KI, KD dan IPK yang dibagikan ini bisa sesuai dengan konsep yang bapak dan ibu guru miliki. Namun kami juga tetap rendah hati jika administrasi yang dibagikan ini memilik kelemahan. Karena itu jika tidak berkenan abaikan saja. Tetapi jika berkenan silakan mendownloadnya secara gratis pada tautan di atas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemetaan SKL, KI, KD dan IPK Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 SMP"

Posting Komentar