RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 Semester Ganjil

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 semester ganjil terdiri dari lima (5) RPP. Artinya, ada lima Kompentesi Dasar yang harus diselesaikan selama semester ganjil. Setiap RPP terdiri dari beberapa kali pertemuan. Rincian RPP yang akan diulas di sini lebih mengacu pada kompetensi pengetahuan. Sedangkan kompetensi spiritual, sosial dan psikomotor terintegrasi di dalamnya.

RPP yang dibagikan berikut ini merupakan RPP yang mengacu pada permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. 

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.

RPP

Berikut ini akan disajikan rincian untuk masing-masing RPP:

RPP 1 berkaitan dengan Kompetensi dasar tentang memahami   keunikan   sebagai citra Allah. Ada dua materi pokok yang Kompetensi dasar ini, yakni Aku Citra Allah Yang Unik  dan Tugasku sebagai Citra Allah. Dua materipokok ini dijabarkan ke dalam dua kali pertemuan tatap muka dengan alokasi waktu 6 x 40 menit. Untuk melihat dan mendownload RPP 1 selengkapnya bisa klik tautan di bawah ini:

RPP 1 Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 Semester Ganjil

RPP 2 berkaitan dengan kompetensi dasar tentang memahami  berbagai kemampuan dan keterbatasan dirinya. Kompetensi dasar ini memuat tiga materi pokok, yakni pertama, Aku Memiliki Kemampuan; kedua, Kemampuanku Terbatas; dan ketiga, Syukur Atas Hidup. Ketiga materi pokok ini dibagi ke dalam tiga kali pertemuan tatap muka dengan alokasi waktu 9 x 40 menit. RPP selengkapnya bisa dilihat pada tautan berikut ini:

RPP 2 Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 Semester Ganjil

RPP 3 tentang kompetensi dasar memahami sikap  dan   pandangan masyarakat  tentang      kesederajatan perempuan dan laki-laki. Materi pokok dalam kompetensi dasar ini antara lain, Aku Bangga Sebagai Perempuan atau Laki-laki dan materi kedua tentang Perempuan dan laki- laki  sederajat. Kedua materi pokok ini dijbarkan ke dalam dua kali pertemuan tatap muka dengan alokasi waktu 6 x 40 menit. RPP selengkapnya bisa dilihat pada tautan di bawah ini:

RPP 3 Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 Semester Ganjil

RPP berikutnya adalah RPP 4 tentang kompetensi dasar memahami berbagai cara untuk       mengembangkan seksualitas sebagai anugerah Allah demi kehidupan bersama. Materi utama dalam kompetensi dasar ini adalah Mengembangkan diri Sebagai Perempuan atau Laki-laki. Materi ini tersaji dalam satu kali pertemuan kegiatan belajar mengajar dengan alokasi waktu 3 x 40 menit. Untuk melihat dan mendownload RPP 4 selengkapnya bisa klik tautan di bawah ini:

 RPP 4 Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 Semester Ganjil

RPP yang terkahir adalah RPP 5 yang berkaitan dengan kompetensi dasar tentang memahami peran keluarga, sekolah, gereja dan masyarakat dalam mengembangkan dirinya. RPP 5 ini terdiri dari empat materi pokok yakni pertama Peran Keluarga bagi Perkembanganku; kedua Peran Sekolah  bagi Perkembanganku; ketiga, Peran Gereja  bagi Perkembanganku; dan keempat,  Peran Masyarakat  bagi Perkembanganku. RPP 5 ini terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka. Alokasi waktu pertemuannya adalah 12 x 40 menit. RPP 5 selengkapnya bisa lihat pada tautan di bawah ini:

RPP 5 Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 Semester Ganjil

Semua RPP (RPP 1 sampai dengan RPP 5) yang dibagikan di atas dilengkapi dengan lampiran berupa materi ajar, kisi-kisi penilaian mulai dari penilaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan, dan disertai dengan pedoman penskorannya. RPP yang dibagikan di atas merupakan salah satu contoh RPP yang lengkap.

Kami sengaja membagikan RPP yang lengkap seperti ini karena hemat kami RPP ini merupakan salah satu bentuk RPP model yang bisa dijadikan acuan untuk penyusunan RPP dengan model yang lain. Tentu kami tidak memakasa bapak dan ibu guru untuk mengikuti dan menggunakan RPP ini. Abaikan jika tidak sesuai dengan RPP yang telah bapak dan ibu guru konsepkan. Namun jika RPP ini cocok dan sesuai dengan konteks satuan pendidikan tempat bapak dan ibu guru mengabdi, maka tidak ada salahnya mendownload dan menerapkan RPP yang telah kami bagikan ini.

Akhirnya, semoga RPP yang telah kami bagikan di atas menginspirasi bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Agama Katolik tingkat Sekolah Menengah Pertama untuk melakukan aktivitas pembelajaran yang berdaya guna meningkatkan penghayatan iman para peserta didik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 7 Semester Ganjil"

Posting Komentar