RPP Agama Katolik Kelas 4 SD Semester Ganjil

Pada kesempatan ini kami akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas empat Sekolah Dasar. RPP yang dibagikan ini untuk satu semester, yakni selama semester ganjil. 

Selama semester ganjil ada empat RPP yang didalamnya terdiri dari beberapa pertemuan kegiatan pembelajaran. Ini mau menunjukkan jika satu RPP memuat satu Kompetensi Dasar (KD) yang juga memuat satu atau lebih materi pokok. Sebelum kami membagikannya, kami terlebih dahulu merinci masing-masing RPP sebagai berikut:

RPP 1 memuat Kompetensi Dasar memahami keunikan diri sebagai anugerah Allah  yang  patut disyukuri. Ada tiga materi pokok dalam RPP ini antara lain: pertama, Aku bangga diciptakan sebagai perempuan atau laki-laki; kedua, Lingkungan turut mengembangkan diriku sebagai perempuan / laki-laki; dan ketiga, Bersyukur sebagai perempuan atau laki-laki. RPP ini terdiri dari tiga kali pertemuan kegiatan belajar mengajar dengan alokasi waktu 12 x 35 menit.

Pembelajaran

RPP 2 memuat Kompetensi Dasar memahami kemampuan dan keterbatasan diri sebagai anugerah Allah. RPP ini memuat empat materi pokok yakni: pertama, Kemampuan dan Keterbatasanku; kedua, Mengembangkan Kemampuan Diriku; ketiga, Aku Membutuhkan Orang Lain; dan keempat,  Mengembangkan Diri dengan Bekerjasama. RPP ini terdiri dari empat kali pertemuan kegiatan belajar mengajar yang alokasi waktunya 16 x 35 menit.

RPP 3 tentang Kompetensi Dasar memahami kesetiaan Allah pada janjiNya yang memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup. RPP 3 ini memuat tiga maerti pokok yakni pertama Allah Menyampaikan Sepuluh Firman-Nya; kedua,  Bangsa Israel Memasuki Tanah Terjanji; dan ketiga, Allah Memberkati Para Pemimpin Israel. RPP ini dijabarkan ke dalam tiga kali pertemuan kegiatan pembelajaran. Alokasi waktunya 12 x 35 menit.

RPP 4 berkaitan dengan Kompetensi Dasar memahami Sepuluh Perintah Allah yang menjadi landasan dalam berelasi dengan orang tua. Hanya ada satu materi pokok dalam RPP  ini yakni materi tentang Hormat kepadaOrangtua. RPP 4 ini juga hanya terdiri dari satu kali pertemuan kegiatan belajar mengajar. Alokasi waktunya 4 x 35 menit.

Setelah melihat garis besar masing-masing RPP, berikut ini kami bagikan RPP selngkapnya. Untuk melihat dan mendownload setiap RPP dari RPP 1 sampai dengan RPP 4mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 SD selama semester ganjil, silakan klik tautan-tautan di bawah ini:

1. RPP 1 Kelas 4 SD Semester Ganjil 

2. RPP 2 Kelas 4 SD Semester Ganjil

3. RPP 3 Kelas 4 SD Semester Ganjil

4. RPP 4 Kelas 4 SD Semester Ganjil

Semua RPP yang kami bagikan di atas dilengkapi dengan lampiran berupa materi ajar, kisi-kisi penilaian serta pedoman penskoran. Perlu kami sampaikan bahwa semua RPP yang kami bagikan ini merupakan model RPP lama yang terdiri dari kurang lebih Sembilan komponen. Jika bapak dan ibu guru ingin menyederhanakannya menjadi hanya tiga komponen, silakan menghapus komponen yang lainnya. Namun hemat kami setiap satuan pendidikan atau pun guru memiliki kemerdekaan untuk menyusun RPP seturut konteks satuan pendidikan masing-masing. Kami akan tetap mencoba menyajikan model RPP yang relevan untuk semua satuan pendidikan di mana pun berada.

Kami juga terbuka terhadap semua kritik saran dari bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Agama Katolik agar kami bisa memberikan yang terbaik untuk setiap bentuk atau model perangkat pembelajaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Agama Katolik Kelas 4 SD Semester Ganjil"

Posting Komentar