RPP Agama Katolik Kelas 8 Semester Ganjil

Menyusun Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan hal yang wajib dikerjakan guru. Ini juga merupakan salah satu tugas pokok guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Berhadapan dengan tugas ini, guru tentu saja dihadapkan juga dengan tugas lain yang tidak kala pentignya. Hal ini kadang membuat guru tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dengan menyusun atau membuat perangkat pembelajaran.

Melihat kenyataan ini, kami merasa terpanggil untuk menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP. Dan pada kesempatan ini kami akan membagikan RPP untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik kelas 8 semester ganjil, Sekolah Menengah Pertama (SMP). Karena RPP yang kami bagikan ini selama satu semester gajil, maka ada lebih dari satu RPP yang akan dibagikan. 

Selama satu semester ganjil ini ada lima RPP yang akan digarap. Setiap RPP mewakili satu Kompetensi Dasar. Berikut akan dirincikan kelima RPP dimaksud:

Guru Mengajar

RPP 1 berkaitan dengan Kompetensi Dasar pertama, yakni tentang memahami ajaran Kitab Suci dan ajaran Gereja tentang makna Yesus Kristus sebagai Allah yang menjelma menjadi manusia. Ada dua materi pokok yang akan dijabarkan dalam RPP ini, antara lain: pertama, Yesus pemenuhan janji Allah dan kedua, Kemanusiaan dan Ke-Allahan Yesus. Kedua materi pembelajaran ini akan dikembangkan melalui dua kali pertemuan kegiatan pembelajaran, dengan alokasi waktu 6 x 40 menit.

Selanjutnya RPP 2 berkaitan dengan Kompetensi Dasar tentang memahami tugas Yesus Kristus mewartakan Kerajaan Allah melalui sabda dan tindakan. Materi pokok dalam RPP 2 ini terdiri dari tiga pokok bahasan, yakni pertama, Kerajaan Allah Sebagai Pokok Pewartaan Yesus; kedua, Yesus mewartakan Kerajaan Allah Melalui Perumpamaan; dan ketiga, Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Tindakan dan Mujizat. Ketiga pokok bahasan ini dikembangkan ke dalam tiga kali pertemuan kegiatan pembelajaran. Alokasi waktu yang dimanfaatkan adalah 9 x 40 menit.

RPP yang ketiga berkaitan dengan kompetensi dasar tentang memahami panggilan dan perutusan Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya pada zaman sekarang demi mewujudkan Kerajaan Allah. Kompetensi dasar ini memuat tiga materi pokok bahasan, antara lain: pertama, PanggilanPara Murid Yesus, kedua, Cara Hidup Murid Yesus dan materi ketiga, Melaksanakan Tugas Perutusan sebagai Murid Yesus. Sama seperti RPP 2, materi-materi pokok bahasan dalam RPP 3 ini dikembangkan dalam tiga kali kegiatan pembelajaran. Alokasi waktunya 9 x 40 menit.

RPP 4 berkaitan dengan kompetensi dasar tentang memahami makna peristiwa sengsara, wafat dan kebangkitan Yesus Kristus sebagai puncak pewartaan-Nya. Ada tiga pokok bahasan dalam kompentensi dasar ini, yakni pertama, Berbagai tanggapan atas pewartaan Yesus; kedua, Sengsara dan wafat Yesus tanda penolakan manusia; dan ketiga, Kebangkitan Yesus sebagai tanda penerimaan Bapa. Alokasi waktu kegiatan pembelajarannya adalah 9 x 40 menit dengan rinciannya adalah tiga kali pertemuan pembelajaran. 

RPP terkahir untuk semester ganjil ini adalah RPP 5 dengan kompetensi dasar tentang Memahami peran Roh Kudus pada gereja perdana dan Gereja masa kini. Materi-materi pokok dalam RPP 5 ini antara lain: pertama, Yesus  Mengutus Roh  Kudus; kedua, Roh Kudus Memberi Daya Kekuatan; dan ketiga, Bimbingan  Roh Kudus. Ketiga materi poko ini dikembangkan ke dalam tiga kali pertemuan tatap muka dengan jumlah keseluruhan alokasi waktunya adalah 9 x 40 menit.

Kami sengaja memberikan penjelasan berupa rincian utama dari masing-masing RPP. Kami berharap bapak dan ibu guru membacanya terlebih dahulu sebelum melihat dan mendownloadnya. Sebab, jika dibaca dan dipahamiterlebih dahulu bapak adan ibu guru bisa mengambil keputusan mendownloadnya bila sesuai atau mengabaikannya bila tidak sesuai dengan konsep tentang RPP sebagaimana yang bapak dan ibu guru sendiri pahami.

Perlu kami informasikan bahwa RPP yang kami bagikan ini merupakan salah satu contoh RPP dengan komponen yang lengkap. Pada bagian akhir RPP dasajikan lampiran berupa materi ajar dan format kisi-kisi penilaian sikap spiritual, sikap sosial, penilaian pengetahuan dan keterampilan dan juga dilengkapi dengan pedoman penskoran. Untuk melihat dan mendownload RPP pendidikan Agama Katolik kelas 8 (Delapan) selama semester ganjil  yang terdiri dari lima RPP, silakan klik tautan-tautan di bawah ini:

1. RPP 1 Agama Katolik Kelas 8 Semester Ganjil

2. RPP 2 Agama Katolik Kelas 8 Semester Ganjil

3. RPP 3 Agama Katolik Kelas 8 Semester Ganjil

4. RPP 4 Agama Katolik Kelas 8 Semester Ganjil

5. RPP 5 Agama Katolik Kelas 8 Semester Ganjil

Kami berharap RPP yang dibagikan ini menginspirasi bapak dan ibu guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif, efisien dan berorientasi pada peserta didik. Selain itu, semoga membantu bapak dan ibu guru dalam melengkapi administrasi pembelajaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Agama Katolik Kelas 8 Semester Ganjil"

Posting Komentar