RPP Agama Katolik Kelas 5 Semester Ganjil

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bukanlah hal yang asing bagi guru. Membuat atau menyusun RPP merupakan salah satu tugas pokok seorang guru atau pendidik. Dalam membuat RPP tentu saja guru mencari referensi yang sesuai untuk memperkuat pengetahuan dan pemahaman.

Pada kesempatan ini kami akan membabagikan salah satu contoh atau model RPP yang kiranya menambah referansi bapak dan ibu guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP yang dibagikan ini khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas 5 selama semester ganjil.

Perlu kami informaskan bahwa selama semester ganjil ini ada 4 RPP yang harus dikerjakan guru. Ini berarti selama semester ganjil ini ada 4 kompetensi dasar. Dengan demikian 1 RPP 1 kompetensi dasar. Rinciannya sebagai berikut:

RPP 1 berkaitan dengan kompetensi dasar tentang memahami diri sebagai perempuan atau laki-laki    seturut citra Allah. RPP 2 dengan kompetensi dasar tentang memahami lawan jenis sebagai partner yang dianugerahkan Allah untuk saling melengkapi. RPP 3 kompetensi dasarnya tentang memahami karya keselamatan Allah yang dialami tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam kisah Daud, Salomo dan      Ester. Dan RPP 4 tentang kompetensi dasar memahami  sengsara, wafat  dan kebangkitan Yesus sebagai puncak karya keselamatan Allah.

Kami sengaja memebagikan semuanya untuk memudahkan bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti dalam mencari perangkat pembelajaran yang lengkap. Perlu kami tegaskan bahwa semua RPP yang dibagikan ini merupakan model RPP yang lengkap yang memuat kompetensi inti, kompetensi dasar, indicator, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode/model pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian atau evaluasi. Semua RPP yang dibagikan ini juga dilengkapi dengan lampiran berupa materi ajar, kisi-kisi penilaian dan pedoman penskoran.

RPP yang akan dibagikan ini tentu berbeda dengan model RPP yang sudah diringkas menjadi hanya tiga komponen yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Dengan demikian RPP dengan komponen lengkap yang kami bagikan ini bisa diringkas. Caranya gampang, yaitu dengan menghapus komponen lain yang tidak dibutuhkan.

RPP selengkapnya bisa dilihat dan didownload secara gratis dengan mengklik tautan di bawah ini:

1. RPP 1 Pendidikan Agama Katolik Kelas 5 Semester Ganjil

2. RPP 2 Pendidikan Agama Katolik Kelas 5 Semester Ganjil

3. RPP 3 Pendidikan Agama Katolik Kelas 5 Semester Ganjil

4. RPP 4 Pendidikan Agama Katolik Kelas 5 Semester Ganjil

Kami sangat menyadari jika RPP yang dibagikan ini masih membutuhkan perbaikan terus-menerus. Namun hemat kami RPP yang sudah kami bagikan di atas sudah cukup mengakomodir semua aspek yang bisa disesuaikan dengan konteks satuan pendidikan masing-masing. Semua langkah-langkah pembelajaran yang ditulis telah disesuaikan dengan buku pegangan guru pendidikan agama katolik dan budi pekerti kurikulum 2013. Kiranya RPP yang ada menginspirasi bapak dan ibu guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif, efisien dan berorientasi pada peserta didik.

Kami tetap mengharapkan kritik dan saran dari bapak dan ibu guru agar kami terus membenahi setiap model atau bentuk perangkat pembelajaran yang benar-benar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Agama Katolik Kelas 5 Semester Ganjil"

Posting Komentar