Silabus Pelajaran Agama Katolik Untuk SMP Kelas 9

Sebelum kami membagikan silabus mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama, terlebih dahulu kami ingin menyegarkan kembali konsep atau pemahaman tentang silabus. Pemahan tentang silabus ini diramu dari berbagai sumber yang relevan.

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran  untuk  satu  kompetensi dasar. 

Foto dari Pexels.com

selain itu, silabus  juga  bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada komptensi inti, kompetensi dasar, dan indikator yang terdapat di dalam silabus.

Silabus mata pelajaran pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama dan yang sederajad, disusun dengan format dan penyajian atau penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran dengan mengakomodasi kearifan lokal. 

Secara umum Silabus untuk pelaksanaan Kurikulum 2013 sudah disiapkan contohnya oleh pemerintah pusat. Meski demikian, Sekolah perlu untuk mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi sekolah atau satuan pendidikan masing-masing.

Setelah memahami tentang apa itu silabus, manfaat serta bagaimana mengembangkannya, berikut ini kami akan merinci tentang silabus khususnya mata pelajaran pendidikan agama katolik. Slabus yang akan dibagikan ini tentu saja sudah merupakan pngembangan dari konsep silabus yang sudah dipaparkan di atas. Artinya, silabus ini disesuaikan dengan karakterstik mata pelajaran Agama Katolik untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama.

Untuk itu berikut ini merupakan komponen-komponen yang terdapat dalam silabus agama katolik SMP kelas 9 antara lain: kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok, ruang lingkup,  penguatan pendidikan karakter (ppk), kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. komponen-komponen ini juga merupakan sesuatu yang wajib ada pada setiap satuan pendidikan. Karena itu silabus ini bisa digunakan di semua satuan pendidikan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Silabus yang dibagikan ini untuk semester ganjil dan semester genap. Untuk melihat dan mendownload silabus selengkapnya silakan klik tautan di bawah ini:

Silabus Pelajaran Agama Katolik SMP Kelas 9 Semester Ganjil dan genap

Demikian contoh atau model silabus pelajaran pendidikan Agama Katolik Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama semester ganjil dan semester genap. Kiranya memberikan kemudahan bagi bapak dan ibu guru dalam mempersiapkan diri guna memberikan pelayanan terbaik bagi para peserta didik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Pelajaran Agama Katolik Untuk SMP Kelas 9"

Posting Komentar