RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 6 SD Semester Ganjil

RPP Pendidikan Agama Katolik kelas 6 Sekolah Dasar semester ganjiil berisikan empat (4) kompetensi Dasar. Setiap RPP mewakili satu kompetensi dasar. Dengan demikian selama semester ganjil ini ada empat (4) RPP yang harus dikerjakan atau diselelsaikan guru.

RPP yang pertama berisi kompetensi dasar tentang Memahami diri sebagai  warga negara Indonesia yang beraneka ragam   sebagai anugerah Allah. RPP 1 ini dijabarkan ke dalam tiga kali pertemuan kegiatan pmbeelajaran. Alokasi waknya 12 x 35 menit. Materi pokok dalam dalam RPP ini anara lain negara; dan ketiga, Bangga dan bersyukur sebagai bangsa Indonesia.

RPP yang kedua tetang kompetensi dasar memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan umat manusia. Materi pokoknya tentang Aku dan Warga Dunia. Alokasi waktu pertemuan kegiatan pembelajarannya adalah 4 x 35 menit.

RPP KATOLIK

RPP ketiga tentang kompetensi dasar Memahami  karya keselamatan Allah yang disampaikan melalui para nabi. RPP ini memuat lima materi pokok yakni pertama, Nabi Elia; kedua, Nabi Yesaya; ketiga, Nabi Amos; keempat, Kesetiaan Allah; dan kelima, Kehancuran Israel dan harapan datangnya Mesias. Alokasi waktu kegiatan pembelajarannya adalah 20 x 35 menit.

Dan RPP yang keempat berkaitan dengan kompetensi dasar tentang memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus. RPP ini terdiri dari tiga materi pokok yakni: pertma, Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan kata-kata; kedua, Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan tindakan; dan ketiga,Seluruh Pribadi Yesus mewartakan Kerajaan Allah. Alokasi waktu kegiatan pembelajarannya adalah 12 x 35 menit.

Bentuk dan atau model RPP yang dibagikan ini memiliki beberapa komponen dengan merujuk atau mengacu pada Permedikbud No 22 Tahun 2016, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. 

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.

RPP dikembangkan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran. Penyusunan RPP bukan hanya sekedar urusan persiapan administratif seperti yang diyakini sebagian guru, melainkan kegiatan yang melekat pada pembelajaran sebagai sebuah proses. Dalam perspektif manajemen, kegiatan  perencanaan  selalu mendahului kegiatan pencapaian tujuan. Penyusunan dan pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok. Acuan pertama dari penyusunan RPP adalah silabus dan standar isi.

Komponen RPP yang akan dibagikan ini meliputi kmpetensi inti, kompetensi dasar, Indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, media dan bahan, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian.

Untuk melihat dan mendownlad RPP selengkapnya bisa klik tautan-tautan di bawah ini:

1. RPP 1 Pendidikan agama Katolik Kelas 6 SD Semester ganjil

2. RPP 2 Pendidikan Agama Katolik Kelas 6 SD Semester Ganjil

3. RPP 3 Pendidikan Agama Katolik Kelas 6 SD Semester Ganjil

4. RPP 4 Pendidikan Agama Katolik Kelas 6 SD Semester Ganjil

Demikian RPP ini dibuat guna memberikan kemudahan bagi bapak dan ibu guru pendidikan agama katolik dalam mlakukan aktivitas pembelajaran. Lebih dari itu bisa menginspirasi bapak dan ibu guru untuk menyusun RPP dengan model yang kontekstual yang benar-benar sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing. Kritik dan saran yang knsrktif akan sangat kami hargai demi perbaikan kea rah yang lebih sempurna.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Pendidikan Agama Katolik Kelas 6 SD Semester Ganjil"

Posting Komentar