RPP Agama Katolik Kelas 2 SD Semester Ganjil

Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas 2 Sekolah Dasar merupakan salah satu model RPP yang lengkap. RPP ini masih berpedoman pada model RPP yang terdiri dari beberapa komponen, antara lain; kompetensi inti, kompetensi dasar, indicator penilaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, penilaian.

Selama semester ganjil ada empat RPP yang harus dikerjakan guru. Empat RPP ini tentu disesuaikan dengan banyaknya Kompetensi Dasar (KD). Itu berarti ada empat KD yang akan digarap dalam selama semester ganjil. Rinciannya sebagai berikut:

RPP 1  berkaitan dengan Kompetensi Dasar yang pertama tentang memahami peran keluarga sebagai karunia Allah dalam mengembangkan dirinya. Ada dua materi pokok dalam KD ini, yakni Orangtuaku dan Anggota Keluargaku. Kedua materi pokok ini dikembangkan dalam dua kali pertemuan kegiatan pembelajaran dengan alokasi waktunya 8 x 35 menit.

Photo by Zen Chung from Pexels

RPP 2 berkaitan dengan KD kedua tentang memahami peran teman sebagai karunia Allah dalam mengembangkan dirinya. Ada dua juga materi pokok dalam KD ini, yakni beremain bersama teman dan bekerja sama dengan teman.  seperti RPP 1, RPP 2 ini juga dikembangkan dalam dua kali pertemuan tatap muka.

RPP 3 berkaitan dengan KD ketiga tentang memahami  karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh Perjanjian Lama. KD ini memuat empat materi pokok, yakni kisah Kain dan Habel, Kisah Nuh, Kisah Abraham, dan kisah Esau dan Yakob. RPP 3 ini dikembangkan dalam empat kali pertemuan tatap muka.

RPP 4 berkaitan dengan KD keempat tentang memahami karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus yang dikisahkan dalam Perjanjian Baru. KD ini juga memuat empat materi pokok, yakni kelahiran Yesus Kristus, Yesus dipersembahkan di Bait Allah, Yesus Tinggal di Bait Allah, dan ingin seperti Yesus. Sama seperti RPP 3, keempat materi poko ini dikembangkan dalam empat kali pertemuan tatap muka.

Berkaitan dengan alokasi waktu pembelajaran ini, tentu bapak dan ibu guru bisa mengubahnya sesuai kebutuhan atau situasi masing-masing satuan pendidikan. Sekedar penegasan bahwa Kami tetap membagikan model RPP lama yang sudah pasti tidak sesuai dengan kondisi dimana setiap satuan pendidikan telah menerapkan kegiatan pembelajaran secara online. Hal ini bukan tanpa alasan. Bagi kami model RPP yang dibagikan ini pasti akan dipakai kembali manakala situasi sudah normal dan setiap sekolah sudah kembali ke kegiatan pembelajaran tatap muka di dalam kelas.

Kami sama sekali tidak memaksa bapak dan ibu guru untuk mendownload RPP ini. Namun kami hanya menawarkan sebuah RPP yang lengkap. Jika penasaran melihat model RPP Agma Katolik kelas 2 Sekolah Dasar dari RPP 1 sampai dengan RPP 4 (semester ganjil) yang kami buat, silakan klik tautan-tautan di bawah ini:

1. RPP 1 KELAS 2 SEMESTER GANJIL (Memahami peran keluarga sebagai karunia Allah dalam mengembangkan dirinya)

2. RPP 2 KELAS 2 SEMESTER GANJIL (memahami peran teman sebagai karunia Allah dalam mengembangkan dirinya)

3. RPP 3 KELAS 2 SEMESTER GANJIL (memahami karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh Perjanjian Lama)

4. RPP 4 KELAS 2 SEMESTER GANJIL (Memahami karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus yang dikisahkan dalam Perjanjian Baru)

Demikian RPP semester ganjil untuk mata pelajaran Agama katolik kelas 2 Sekolah Dasar. Kiranyasemua RPP yang diabgikan ini memberi manfaat lebih bagi bapak dan ibu guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama katolik tingkat sekolah dasar. Memang ada begitu banyak RPP yang tersebar dijagat maya. Namun tidak sedikit dari RPP itu menginginkan imbalan secukupnya bahkan ada yang meminta harga yang tergolong mahal. Padahal RPP yang dibagikan tidak langsung dipakai. Banyak guru yang kecewa karena RPP yang diapatkan sama sekali jauh dari kata memadai.

Melalui blog ini kami ingin berbagi hal-hal yang baik yang berguna untuk para guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan agama Katolik. Semua perangkat mengajar yang kami bagikan bisa didownload secara gratis di sini. Akhirnya kritik saran akan sangatberarti bagi kami untuk terus bertumbuh kembang menjadi lebih baik lagi.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "RPP Agama Katolik Kelas 2 SD Semester Ganjil"