RPP KD 1 Pendidikan Agama Katolik Kelas 6 Semester Ganjil

Pelajaran pendidikan agama katolik kelas 6 selama semester ganjil terdiri dari empat kompetensi dasar. Dengan demikian ada empat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang harus dikerjakan guru. Setiap RPP tentu saja terdiri dari beberapa kali pertemuan.

Pada blog ini kami akan membagikan semua RPP untuk setiap kompetensi dasar. Namun kami tidak membagikannya sekaligus, tetapi akan membagikannya satu persatu untuk setiap kompetensi dasar.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan terlebih dahulu RPP untuk Kompetensi Dasar pertama (KD 1). KD 1 ini tentang memahami diri sebagai warga Negara Indonesia yang beraneka ragam sebagai anugera Allah.

Selanjutnya dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) KD 1 ini akan dijabarkan ke dalam tiga kali pertemuan kegiatan pembelajaran. Ada pun yang menjadi materi pokok dalam kompetensi dasar ini antara lain, pertama Keanekaragaman dan kesatuan bangsa Indonesi; kedua, Hak dan kewajiban sebagai Warga Negara; dan ketiga,  Bangga dan bersyukur sebagai bangsa Indonesia. Alokasi waktu untuk kegiatan pembelajarannya adalah 12 x 35 menit.

Untuk diketahui, RPP yang dibagikan ini merupakan RPP lengkap yang di dalamnya memuat beberapa komponen, yakni indentitas sekolah, indentitas mata pelajaran, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran,  media pembelajaran, sumber pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, penilaian, dan lampiran.

Dengan demikian, jika dihitung secara keseluruhan, ada 13 komponen dalam RPP yang dibagikan ini. Ketiga belas komponen ini berpedoman pada Permendikbud No 22 tahun 2016, Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

Bapak dan ibu guru pasti saja bertanya mengapa masih menggunakan Permen yang lama. Lagi pula RPP berdasarkan Permen lama terlalu ribet dan menguras banyak waktu untuk mengerjakannya. Sementara itu pedoman penyusunan untuk RPP baru lebih gampang  dan lebih menghemat banyak waktu dan tenaga untuk menyelesaikannya.

Berhadapan dengan hal ini, hemat kami  ribet atau tidaknya tergantung bapak dan ibu guru yang menilainya. Sebab bagi kami ketika kita terbiasa membuat RPP atau perangkat pembelajaran maka semuanya akan terasa mudah. Ini murni berdasarkan pengalaman kami secara pribadi. Setiap guru pasti mempunyai pengalaman yang berbeda.

Semuanya dikembalikan kepada masing-masing guru, nyamannya gimana. Jika terasa nyaman atau cocok dengan RPP yang kami bagikan ini, silakan mendownloadnya secara gratis. Namun bila tidak sesuai, abaikan saja RPP yang dibagikan ini.

RPP selengkapnya bisa dilihat dan DOWNLOAD DI SINI

Pada kesempatan yang lain kami akan membagikan RPP yang sudah disederhanakan yang hanya memuat tiga komponen, yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP KD 1 Pendidikan Agama Katolik Kelas 6 Semester Ganjil"

Posting Komentar