Kriteria Ketuntasan Minimal Agama Katolik Kelas 6 SD

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan perhitungan nilai minimal yang wajib dicapai oleh perserta didik. Kriteria ketuntasan minimal ini dibuat oleh guru dalam satuan pendidikan dengan mempertimbangkan tiga aspek, yakni karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan daya dukung yang dimiliki oleh satuan pendidikan.

Berdasarkan kriteria ini, dapat dipastikan bahwa setiap satuan pendidikan pasti memiliki perbedaan dalam menentukan batas minimal nilai yang harus diperoleh peserta didik. Kalaupun dijumpai nilai KKM yang sama maka tetap saja bobotnya berbeda. Artinya jika sekolah A dengan fasilitas yang memadai menentukan nilai KKM 75 dan sekolah B di daerah pedalaman dengan fasilitas seadanya menentukan nilai KKM 75, maka sudah bisa dipastikan bobotnya berbeda.

Keadaan ini memang kadang masih sering dijumpai. Kadang satuan pendidikan memaksakan diri untuk menentukan KKM dengan nilai tinggi meski tidak didukung dengan kenyataan riil yang dimiliki. Sehingga tidak jarang guru sering mengatrol nilai agar bisa dibilang sukses atau berhasil. Hal ini sebenarnya tidak boleh terjadi. 

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Pada kesempatan ini kami akan membagikan KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas 6 Sekolah Dasar. KKM yang dibagikan ini merupakan hasil KKG mata pelajaran agama Katolik di Sumba Timur. KKM ini disusun bersama instruktur Pendididikan agama Katolik, bapak Andreas Nahak, S.Ag. 

Kami merasa perlu untuk membagikannya kepada semua guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan agama Katolik untuk bisa diketahui, dan sekaligus bisa dipergunakan sesuai dengan keadaan satuan pendidikan masing-masing. Kami membagikannya secara cuma-cuma atau gratis tanpa dipungut biaya. Bapak dan ibu guru hanya menyiapkan data secukupnya dan waktu untuk mendownloadnya. 

Ini juga menjadi bentuk keprihatinan kami dengan maraknya penjualan perangkat pembelajaran yang belum tentu tentu sesuai dengan gaya pengajaran masing-masing guru. Karena itu sebelum membagikan setiap perangkat pembelajaran, kami menjelaskan detailnya. 

Tujuannya, agar bapak dan ibu guru memastikan dulu apakah perangkat yang dibagikan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran atau tidak. Kalau sesuai silakan mendownloadnya, dan kalau tidak sesuai silakan mengabaikannya. Dengan demikian tidak ada yang dirugikan.

KKM selengkapnya untuk mata pelajaran  Agama Katolik kelas 6 Sekolah Dasar bisa DOWNLOAD DI SINI

Kami juga berharap agar kriteri ketuntasan minimal yang dibagikan ini berguna bagi bapak dan ibu guru yang masih bingung bagaimana menyusun KKM. Namun, hemat kami bapak dan ibu guru pasti sudah memahaminya. Dengan demikian KKM yang dibagikan ini menjadi sebatas referensi atau acuan.

KKM yang kami bagikan ini tentu bukanlah yang paling sempurna. Untuk itu segala usul saran serta kritikan dari bapak dan ibu guru sangat kami harapkan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kriteria Ketuntasan Minimal Agama Katolik Kelas 6 SD"

Posting Komentar