Program Semester Genap Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 SMP

Berikut ini akan kami bagikan salah satu contoh program semester genap mata pelajaran pendidikan agama katolik kelas 8 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Sebagaimana diketahui bahwa program semester merupakan rincian penyebaran setiap kompetensi dasar dan materi pokok setiap pekan dalam setiap bulan.

Program semester genap ini dihitung atau dirinci dari bulan Januari hingga bulan Juni dalam tahun pelajaran yang berjalan. Dalam setiap bulan itu juga dirinci banyaknya pekan. Dari sini bapak dan ibu guru harus teliti dalam menyusunnya. 

Rincian jumlah pekan dalam setiap bulan tentu saja mengacu pada kalender pendidikan yang berlaku di satuan pendidikan masing-masing. Setiap satuan pendidikan mungkin saja berbeda alokasi pekan efektif dan non efektif. Dengan demikain program semester yang kami bagikan ini hanyalah sebagai contoh saja. Bapak dan ibu guru bisa mengeditnya kembali sesuai kebutuhan.

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Perlu diinformasikan bahwa selama semester genap ini, ada enam komptensi dasar yang akan disebarkan. Kompetensis dasar tersebu antara lain pertama, Memahami makna Gereja sebagai paguyuban umat beriman; kedua, Memahami aneka pelayanan Gereja; ketiga, Memahami bahwa Gereja  adalah tanda dan sarana keselamatan bagi semua orang; keempat, Memahami ajaran Gereja tentang makna dan konsekuensi sakramen inisisasi dalam hidup menggereja; kelima, Memahami makna sakramen tobat sebagai tanda dan sarana rekonsiliasi antara dirinya  dengan Allah dan sesama; dan keenam, Memahami  makna sakramen pengurapan orang sakit sebagai sarana Gereja untuk mendampingi orang yang sakit.

Selain kompetensi dasar, ada juga materi pokok yang akan disebarkan. Selama semester genap ini ada sembilan materi pokok. Kesembilan materi pokok tersebut antara lain: Gereja sebagai paguyuban, ciri-ciri Gereja sebagai paguyuban, bentuk-bentuk Gereja sebagai paguyuban, Gereja sebagai tanda dan sarana penyelamatan manusia, sakramen baptis, sakramen krisma, sakramen ekaristi, sakramen tobat, dan sakramen pengurapan orang sakit.

Sekali lagi kami ingin menegaskan bahwa semua kompetensi dasar dan materi pokok dalam program semester ini telah disesuaikan dengan silabus pelajaran agama katolik kelas delapan. Sehingga besar kemungkinan kalau program semester yang akan dibagikan ini bisa berlaku pada semua satuan pendidikan. Materi-materi pokok yang disebarkan bersumber dari buku pegangan guru mata pelajaran pendidikan agama katolik kelas 8. Bapak dan ibu guru bisa membandingkan juga dengan buku pelajaran yang dimiliki.

Program semester selengkapnya silakan bapak dan ibu guru LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Abaikan saja jika program semester yang dibagikan ini tidak sesuai dengan konsep masing-masing bapak dan ibu guru. Namun jika sesuai atau ada perbedaan sedikit silakan mendownloadnya secara gratis. Semua usul saran bisa disampaikan pada kolom komentar. Kritik dan saran bapak dan ibu guru akan sangat berguna bagi kami dalam membuat perangkat pembelajaran yang relevan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Program Semester Genap Pendidikan Agama Katolik Kelas 8 SMP"