Silabus Pelajaran Agama Katolik Kelas 7, Kelas 8, dan Kelas 9 Semester Genap

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Kompetensi Inti, Komptensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian. 

Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran  untuk  satu  Kompetensi Dasar.  Silabus  juga  bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan pembelajaran, misalnya kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual.

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator yang terdapat di dalam silabus.

Silabus mata pelajaran di SMP/MTs disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran dengan mengakomodasi kearifan lokal. 

Secara umum Silabus untuk pelaksanaan Kurikulum 2013  sudah disiapkan contohnya  oleh pemerintah pusat. Sekolah dalam hal ini guru perlu untuk mengembangkan silabus  sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Bertolak dari konsep di atas, kami coba menyusun silabus pelajaran. Silabus pelajaran yang kami susun ini khusus untuk mata pelajaran pendidikan agama Katolik dan Budi Pekerti semester genap jenjang pendidikan sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 7, 8 dan kelas 9.

Karena itu, selain mengacu pada konsep silabus di atas, kami juga berpedoman pada karakteristik mata pelajaran, dalam hal ini pelajaran agama katolik. Jadi kami yakin jika silabus yang kami bagikan ini pasti mendekati sempurna. Kalau pun ada kesalahan, itu hanya sebatas hal teknis dan bukan sesuatu yang substansial.

Untuk tidak memperpanjang kata, silabus selengkapnya silakan bapak dan ibu guru bisa LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Melalui situs ini, kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk kepentingan kelengkapan administrasi pembelajaran dari bapak dan ibu guru sekalian, khususnya guru pengasuh mata pelajaran pendidikan agama katolik.

Selain itu melalui situs ini kami akan terus update perkembangan atau dinamika situasi pendidikan di Indonesia. Untuk saat ini kami hanya menekuni kurikulum Tiga Belas (K13) yang masih berlaku. Bila pada saatnya terjadi perubahan kurikulum (misalnya Kurikulum Prototipe 2022), kami akan selalu menyesuaikan diri.

Ini semua kami lakukan untuk menambah referensi bapak dan ibu guru agama katolik di mana pun berada. Kami berharap dengan itu bapak dan ibu guru bisa terinspirasi untuk menyusun atau membuat perangkat pembelajaran yang memadai, bisa dipertanggungjawaban scara ilmiah hingga pada akhirnya membawa peserta didik untuk semakin beriman, berilmu dan berkahlak mulia serta beramal.

Akhirnya, kritik dan saran yang membangun akan sangat kami hargai. Sampaikan semuanya lewat kolom komentar atau jangan ragu menghubungi kami lewat kontak yang ada. Jika ingin mendapatkan update perangkat pembelajaran silakan klik tombol subscribe pada bagian akhir artikel ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Pelajaran Agama Katolik Kelas 7, Kelas 8, dan Kelas 9 Semester Genap "

Posting Komentar