Program Semester Genap Kelas 9 Pendidikan Agama Katolik

Setiap awal tahun pelajaran atau pun awal semester, bapak dan ibu guru tentu sibuk menyusun dan membuat perangkat pembelajaran sebagai bagian dari persiapannya untuk aktivitas pembelajaran di dalam kelas. salah satu perangkat pembelajaran yang juga dikerjakan guru adalah menyusun program semester.

Program semester merupakan rincian penyebaran kompetensi dasar dan materi pokok pembelajaran. Penyebaran kompetensi dasar dan materi pokok ini diatur sedemikian rupa sesuai dengan pekan efektif pada setiap bulannya.

Dengan demikian penyusunan programs semester ini memudahkan guru untuk mempersiapkan diri secara sistematis berkaitan dengan kompetensi dasar dan materi ajar apa yang akan diajarkan dalam setiap aktivitas pembelajaran pada setiap bulannya selama satu semester. Jika semester ganjil maka rincian penyebaran kompetensi dasar dan materi pokoknya dihitung dari bulan Juli sampai bulan Desember. Dan, jika program semester genap maka dibuat rincian aktivitas pembelajaran dari bulan Januari sampai bulan Juni. 

Photo by Polina Zimmerman from Pexels

Pada kesempatan ini kami akan membagikan salah satu contoh program semester genap untuk mata pelajaran PendidikanAgama Katolik kelas 9 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ada pun komptensi dasar sepanjang semester genap ini sebanyak tiga kompetensi dasar. Kompetensi dasar tersebut antara lain: pertama, memahami ajaran gereja tentang persaudaraan sejati dengan penganut agama dan kepercayaan lain; kedua, memahami pandangan masyarakat dan gerja tentang pentingnya cita-cita; dan ketiga, memahami sakramen perkawinan dan sakrmen imamat sebagai panggilan hidup.

Berdasarkan kompetensi dasar di atas, ada enam materi pokok yang akan disebarkan, antara lain: kemajemukan agama dan kepercayaan tetapi satu tujuan, sikap gereja katolik terhadap agama dan kepercayaan lain, kebersamaan itu indah, cita-cita demi menggapai masa depan, sakramen perkawinan, dan sakramen tabisan.

Bapak dan ibu guru tentu saja bisa mengatur kembali tentang banyaknya kompetensi dasar dan materi pokok. Semuanya tergantung dari jumlah pekan efektif yang dimiliki setiap satuan pendidikan masing-masing. Program semester yang kami bagikan di sini hanya sebatas contoh. Bapak dan ibu guru bisa mengeditnya kembali sesuai kedaan satuan pendidikan masing-masing.

Program semester selengkapnya bisa LIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Demikian program semester ini kami buat untuk membantu bapak dan ibu guru dalam melengkapi administrasi pembelajarannya. Namun jika program semester yang kami bagikan ini tidak sesuai silakan diabaikan.

Akhirnya semua usul, saran dan kritikan bisa disampaikan di kolom komentar atau jangan ragu menghubungi kami lewat kontak yang ada. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Program Semester Genap Kelas 9 Pendidikan Agama Katolik"

Posting Komentar