Pemetaan SKL, KI dan KD Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 Semester Ganjil

Pemetaan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) merupakan salah satu bagian administrasi yang wajib dikerjakan oleh guru. Standar  kompetensi  lulusan  adalah  kriteria mengenai kualifikasi  kemampuan  lulusan  yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Kompetensi  inti  merupakan  tingkat  kemampuan untuk  mencapai  standar  kompetensi  lulusan yang  harus  dimiliki  seorang  peserta  didik  pada setiap  tingkatan  kelas.  Kompetensi  inti  mencakup:  sikap  spiritual,  sikap  sosial, pengetahuan,  dan  keterampilan. Kompetensi ini merupakan landasan pengembangan kompetensi dasar. 

Dalam setiap rumusan kompetensi  dasar  terdapat unsur kemampuan berpikir atau bertindak dan materi. Kompetensi dasar diuraikan ke dalam beberapa indikator pencapaian kompetensi (IPK). Selanjutnya berdasarkan IPK ditentukan butir-butir materi, kegiatan pembelajaran, dan teknik penilaian yang sesuai. 

Photo by Theo from Pexels

Untuk memahami lebih jelas tentang pemetaan SKL, KI dan KD silakan melihat dan memperlajarinya pada file di bawah ini:

Semoga model pemetaan yang dibagikan ini bisa membawa manfaat bagi bapak dan ibu guru, khususnya pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik untuk Sekolah Dasar. Namun, perlu diingat bahwa pemetaan SKL, KI, dan KD yang dibagikan di atas hanya merupakan salah satu contoh. Bapak dan ibu guru pada masing-masing satuan pendidikan tentu memiliki pemahamannya sendiri yang bisa saja berbeda dengan model pemetaan yang saya bagikan di atas. 

Untuk maksud itu, besar harapan agar bapak dan ibu guru bisa saling berkomunikasi guna menemukan sebuah model yang lebih relevan. Semuanya bisa disampaikan melalui kolom komentar. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemetaan SKL, KI dan KD Pendidikan Agama Katolik Kelas 4 Semester Ganjil"

Posting Komentar