Silabus Pelajaran Agama Katolik Kelas 8 Semester Ganjil

Pada umumnya guru pasti memahami dengan sungguh tentang apa itu silabus pelajaran. Silabus pelajaran merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Berdasarkan konsep inilah maka guru bisa membuat dan mengembangkan silabus seturut karakteristik mata pelajaran dan juga situasi atau kondisi satuan pendidikan masing-masing. Dengan demikian guru bisa menambahkan komponen lain dalam silabus, misalnya ruang lingkup materi dan nilai karakter yang ingin ditanamkan.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan salah satu contoh silabus pelajaran, khususnya pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas 8. Dalam silabus ini ada sepuluh komponen yang akan ditulis, yakni Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran,ruang lingkup materi, nilai karakter, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Pembuatan silabus ini merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena Silabus ini sangat bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian. Hemat saya, sebagai orang yang menekuni ilmu pendidikan, guru umumnya tahu tentang hal ini. Karena itu saya tidak perlu lagi menjelaskan secara detail tentang apa itu silabus. 

Photo by Budgeron Bach from Pexels

Saya sungguh menyadari bahwa silabus yang dibagikan ini bisa saja berbeda dengan model silabus yang bapak dan ibu guru susun. Jika itu memang berbeda, biarlah silabus ini dijadikan sebagai pembanding. Namun jika bapak dan ibu guru merasa bahwa model silabus yang dibagikan ini sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan masing-masing, maka baiklah silabus ini bisa dipakai untuk melengkapi administrasi pembelajaran.

Dalam banyak kasus, masih ada bapak dan ibu guru mengambil mentah-mentah dari internet semua yang berkaitan dengan administrasi pembelajaran tanpa mengeditnya kembali. Sehingga ketika pengawas datang supervisi perangkat pembelajaran, sering dijumpai identitas satuan pendidikan yang tertulis dalam silabus berbeda dengan satuan pendidikan tempat bapak dan ibu guru mengabdi. Di dalam silabus tertera atau tertulis sekolah A, padahal kenyataannya bapak dan ibu guru mengabdi di sekolah B. Ini mungkin tergolong sepele namun hal ini sesungguhnya mencederai profesionalisme sebagai seorang pendidik.

Untuk meminimalisir kekeliruan atau kesalahan seperti ini, saya sengaja membagikan file silabus ini dalam bentuk pdf agar memudahkan bapak dan ibu guru untuk mengedit seperlunya sesuai kebutuhan. Silabus yang selengkapnya bisa bapak dan ibu guru melihat dan mendownloadnya secara gratis dengan mengklik tautan di bawah ini: 

SILABUS PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK KELAS 8 SEMESTER GANJIL

Dan perlu ditegaskan bahwa ada begitu banyak model silabus yang berhamburan di jagat maya, karena itu sikap kritis sebagai seoran guru atau pendidik tetaplah ditunjukan. Pilihlah silabus yang memang ditulis atau dibuat sesuai dengan karakteristik pelajaran Agama Katolik. Untuk itu tetaplah bijak dalam memanfaatkan media internet yang telah memanjakan jutaan umat manusia di dunia ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silabus Pelajaran Agama Katolik Kelas 8 Semester Ganjil"

Posting Komentar