RPP Agama Katolik Kelas 3 SD Semester Ganjil

Rencana Pelaksanaan Pemeblajaran (RPP) bukanlah hal yang asing bagi guru. Setiap guru atau pengajar mengetahui apa fungsi dari RPP dalam kegiatan pembelajarannya. Tentu saja setiap guru di setiap satuan pendidikan mempunyai caranya masing-masing untuk menyusun RPP. Dan hampir pasti antara satuan pendidikan yang satu dengan satuan pendidikan yang lain bisa berbeda-beda model RPP yang disusun. Hal itu terjadi karena setiap satuan pendidikan memiliki karakteristiknya masing-masing.

Meski demikian, RPP yang dubuat atau yang dususun setiap guru tetap memiliki acuannya. Artinya guru tidak bisa sesuka hati membuat RPP dengan alasan sesuai dengan karakteristik dan konteks satuan pendidikan.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan salah satu model RPP yang kiranya bisa menjadi acuan untuk membuat RPP sesuai dengan konteks satuan pendidikan masing-masing. RPP yang dibagikan ini merupakan RPP untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti kelas Tiga (3) Sekolah Dasar (SD) selama semester ganjil.

RPP Katolik

RPP yang dibagikan ini merupakan salah satu model RPP yang lengkap yang di dalamnya memuat beberapa komponen, yakni kompetensi inti, kompetensi dasar, indicator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Selain ini RPP yang dibagikan dilengkapi dengan lampiran berupa materi ajar dan kisi-kisi penilaian yakni penilaian sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.

Selama semester ganjil ini ada empat Kompetensi Dasar (KD) yang harus diselesaikan. Dengan demikian, ada empat RPP yang harus dikerjalkan oleh guru. Berikut kami rincikan masing-masing KD dengan jumlah pertemuan atau alokasi waktu yang harus digunakan:

RPP 1 berkaitan dengan KD Memahami  pertumbuhan dan perkembangan diri sebagai anugerah Allah dengan alokoasi waktu 4 x 35 menit. RPP 2 berkaitan dengan KD Memahami bahwa kemampuan  membedakan  yang baik dan buruk adalah anugerah Allah. Alokasi waktu pembelajarannya sama dengan RPP 1. RPP 3 berkaitan dengan KD Memahami karya keselamatan Allah yang dialami oleh  tokoh-tokoh Perjanjian Lama. Alokasi waktu pertemuannya adalah 16 x 35 menit. Dan RPP 4 berkaitan dengan KD Memahami   ajaran Yesus dan karya-Nya melalui kisah dalam Perjanjian baru. Alokasi waktu kegiatan pembelajarannya adalah 12 x 35 menit.

Perlu kami tegaskan bahwa RPP yang kami bagikan ini hanyalah merupakan salah satu contoh dan bukan menjadi satu-satunya acuan. Semuanya tergantung bapak dan ibu guru mau memakainya atau tidak. Namun jika dirasa bahwa RPP yang dibagikan ini berkenan dan sesuai dengan konsep bapak dan ibu guru, maka tidak ada salahnya mendownload RPP ini dan membagikannya kepada rekan-rekan guru agama Katolik yang membutuhkan.

Untuk melihat RPP 1 sampai dengan RPP 4 silakan klik tautan di bawah ini. Bapak dan ibu guru juga bisa mendownloadnya secara gratis:

1. RPP 1 Agama Katolik Kelas 3 SD semester Ganjil

2. RPP 2 Agama Katolik Kelas 3 SD Semester Ganjil

3. RPP 3 Agama Katolik Kelas 3 SD Semester Ganjil

4. RPP 4 Agama Katolik Kelas 3 SD Semester Ganjil

Kami akan selalu mencoba untuk memberikan yang terbaik untuk bapak dan ibu guru khususnya pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti tingkat Sekolah Dasar. Kiranya RPP yang dibagikan ini membantu bapak dan ibu guru dalam memberikan pengajaran yang memadai kepada peserta didik yang dilayani. Selain itu semoga RPP yang dibagikan ini membantu bapak dan ibu guru dalam melengkapi administrasi pembelajaran. Kritik dan saran untuk perubahan yang lebih baik sangat kami harapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Agama Katolik Kelas 3 SD Semester Ganjil"

Posting Komentar