Pemetaan SKL, KI, KD dan IPK Agama Katolik SD

Standar  Kompetensi Lulusan (SKL) adalah  kriteria mengenai kualifikasi  kemampuan  lulusan  yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi  Inti  (KI) merupakan  tingkat  kemampuan untuk  mencapai  Standar  Kompetensi  Lulusan (SKL) yang  harus  dimiliki  seorang  peserta  didik  pada setiap  tingkat  kelas.  

Kompetensi  Inti  (KI) ini mencakup kompetensi  sikap  spiritual, kompetensi sikap  sosial, kompetensi pengetahuan,  dan  kompetensi keterampilan. Kompetensi Inti ini merupakan landasan pengembangan Kompetensi Dasar (KD). Dalam setiap rumusan Kompetensi  Dasar (KD)  terdapat unsur kemampuan berpikir atau bertindak dan materi ajar. 

Selanjutnya Kompetensi Dasar  (KD)diuraikan ke dalam beberapa Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK). Selanjutnya berdasarkan IPK inilah ditentukan butir-butir materi, kegiatan pembelajaran, dan teknik penilaian yang sesuai. 

Pemetaan ini tentu saja berlaku untuk semua mata pelajaran dalam setiap jenjang pendidikan. Pada  kesempatan ini kami akan membagikan salah satu contoh pemetaan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama katolik dan Budi Pekerti tingkat Sekolah Dasar (SD), mulai dari kelas satu (1) hingga kelas enam (6).

Kami yakin pemahaman masing-masing guru pasti berbeda untuk mengimplementasikan konsep pemetaan di atas. Mungkin saja karakteristik mata pelajaran yang bisa membuat semuanya bisa berbeda. Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah atau wajar-wajar saja. 

Perangkat pembelajaran yang dibagikan ini merupakan hasil dari KKG guru Pendidikan Agama Katolik tingkat Kabupaten Sumba Timur. Dari sini hampir dapat dipastikan tentang validitas kebenaran tentang perangkat pembelajaran yang dibagikan ini.

Untuk melihat lebih jelas tentang contoh pemetaan SKL, KI, KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), silakan klik tautan-tautan di bawah ini:

1. Agama Katolik Kelas 1

2. Agama Katolik Kelas 2

3. Agama Katolik Kelas 3

4. Agama Katolik Kelas 4

5. Agama Katolik Kelas 5

6. Agama Katolik Kelas 6

Demikian salah satu contoh pemetaan SKL, KI, KD dan IPK untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik tingkat Sekolah Dasar. Kiranya administrasi pembelajaran ini berguna bagi bapak dan ibu guru pengasuh pelajaran Agama aktolik untuk kelengkapan administrasi pembelajarannya. 

Kami terbuka terhadap kritik serta usul saran yang membangun, agar kami bisa lebih bersemangat untuk berkarya dan berbagi hal-hal positif yang tentu saja bermanfaat bagi bapak dan ibu guru sekalian. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pemetaan SKL, KI, KD dan IPK Agama Katolik SD"