Sikap yang Harus Dilakukan Oleh Orang Percaya

Menjadi seorang pendatang tidaklah selalu menyenangkan, bisa disambut dengan baik, bisa juga tidak. Keberhasilan seorang pendatang di tempat ia merantau tentunya bergantung pada sikap dan perilaku hidup serta keputusan-keputusan yang diambilnya. 

Hidup sebagai orang Kristen atau orang percaya tidak lebih sebagai seorang perantau. Bacaan Kitab Suci I Petrus 2 : 11 - 17 mengisahkan tentang nasehat yang wajib dilakukan oleh orang percaya. Berikut kutipan lengkapnya:

Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa. Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka. Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik. Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh.  Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja.

Pada bacaan ini, menurut Petrus ada beberapa sikap yang harus dilakukan oleh orang percaya sebagai pendatang didunia ini:

Foto oleh Saint Ariman dari Pexels

Menjaga perilaku 

(Ayat 11) Petrus memakai istilah pendatang atau perantau, yang di arahkan kepada orang percaya, untuk mengingatkan bahwa setiap orang percaya adalah warga kerajaan sorga. Sebagai pendatang atau perantau setiap orang percaya harus menjaga perilaku atau penampilannya dengan menjauhkan diri dari keinginan daging yang ada didunia ini. 

Sebagai pendatang atau perantau, orang percaya tidak datang hanya untuk bersenang-senang tetapi pada ayat 12 dikatakan “Milikilah cara hidup yang baik”. Orang percaya dipanggil untuk hidup dalam kesalehan, penuh kasih serta memancarkan terang bagi banyak orang sehingga fitnahan-fitnahan yang mungkin ada, dapat dihindari karena perbuatan-perbuatan baik yang telah dilakukan. Bahkan dengan perbuatan-perbuatan baik itu, orang percaya dapat membungkam kepicikan atau pikiran-pikiran sempit dari orang bodoh (ayat 15).

Takut Tuhan 

Salah satu cara hidup baik yang harus ditunjukkan adalah tunduk kepada semua lembaga manusia menghormati semua orang, mengasihi saudara, takut akan Tuhan serta menghormati raja atau pemimpin (ayat 13 14 dan 17). Siapapun pemimpin di Negara kita, mereka adalah wakil Allah, untuk itu kita wajib patuh pada aturan serta kebijakan yang berlaku. 

Tentunya demi kebaikan kita terutama ditengah masa pandemi covid 19 ini. Ada banyak kebijakan serta himbauan yang mesti kita patuhi dan terapkan demi keselamatan bersama misalnya kita masih harus memakai masker,mencuci tangan serta menjaga jarak dan lain sebagainya. 

Bertanggung jawab 

Pada ayat 16, dikatakan orang percaya adalah orang yang telah dimerdekakan oleh Yesus dari dosa. Sebagai orang merdeka tidak berarti orang dapat berbuat apa saja tapi kemerdekaan atau kebebasan ini harus dipakai secara bertanggung jawab sesuai dengan kehendak Allah. 

Sebagai perantau sekaligus sebagai hamba Allah, hendaklah kita memiliki ciri serta mau tampil beda. Kita datang bukan hanya sekedar untuk memperoleh sesuatu tetapi juga untuk memberikan sesuatu kepada sesama kita.  

Dan tetap menjadi orang percaya yang selalu menjaga perilaku kita dimanapun kita berada, kita mesti takut akan Tuhan serta tetap bertanggung jawab dengan menjadi contoh atau teladan yang baik didalam rumah tangga, di tempat kerja ataupun dalam masyarakat. Amin


Penulis:
Herneta Maria Maghu, S.Pd
Staf Pengajar Di SMA PGRI Waingapu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sikap yang Harus Dilakukan Oleh Orang Percaya"

Posting Komentar